cara membuat sempol tanpa daging

Cara Membuat Sempol Tanpa Daging

Posted on

Halo sobat sobat semua… disini saya akan berbagi artikel tentang cara membuat sempol tanpa daging, mudah dan enak. Datang dan baca sampai akhir ya !.

Sempol Tanpa Daging

cara membuat sempol tanpa daging

Sempol adalah jajanan pinggir jalan yang sangat populer saat ini. Ini sangat populer sehingga di masa lalu ada beberapa penjual sempol, tetapi sekarang ada banyak. Bahkan, kini sobat bisa menemukan pedagang sempol di mana-mana.

Hidangan lezat dan hidangan yang bisa dimakan dengan satu gigitan sangat menarik bagi semua orang. Selain itu, harga jajanan sempol juga murah, sehingga banyak sempol yang menjualnya.

Salah satu alasannya adalah mudahnya memproduksi semolina dan sangat mudah untuk menemukan bahan yang diperlukan di mana saja. Prosesnya juga sangat mudah, tidak memerlukan pemrosesan mesin.

Nah, bagi yang sering membeli sempol pinggir jalan, alangkah baiknya jika membuat sempol dengan tangan sendiri di rumah bukan? Selain bisa memilih sendiri bahan yang bagus, sobat sekalian bisa membuatnya kapan saja.

Cara Membuat Sempol Tanpa Daging

cara membuat sempol tanpa daging

Bagi yang ingin membuat sempol di rumah, tapi tidak tahu bahan dan cara membuatnya, berikut saya akan share bahan dan cara membuat sempol tanpa daging.

Bahan:
Ambil 10 sendok makan penuh tepung tapioka.
Gunakan 4 sendok makan tepung terigu
Siapkan 1 buah bawang bombay, potong-potong (pindahkan)
Gunakan air panas secukupnya

Bahan bumbu halus:
Siapkan 5 siung bawang putih
Gunakan 1/2 sdt merica bubuk
Siapkan 1/2 sdt kaldu bubuk
Ambil sejumput garam

Bahan pelapis:
Siapkan 1 butir telur
Gunakan sedikit garam

Tahapan pembuatan:

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan tepung tapioka, tepung terigu, bumbu halus dan daun bawang. Lakukan pengadukan sampai rata serta jika rasanya kurang, tambahkan garam atau kaldu.
  2. Setelah tercampur, tambahkan sedikit air hangat hingga adonan bisa dibentuk.
  3. Jika bisa dibentuk, ambil sedikit adonan dan tempelkan di tusuk sate sampai semua adonan habis.
    Angkat panci dan tambahkan air sampai hampir penuh. Masukkan adonan sempol yang menempel pada tusuk sate ke dalam wajan.
  4. Rebus adonan sampai mengapung, dan jika ya, tunggu sekitar 5 menit hingga sempol matang.
  5. Saat sempol matang, keluarkan sempol dan tiriskan.
  6. Siapkan bahan yang digunakan pelapisnya.
  7. Saat pelapis sudah siap, oleskan sempol ke pelapis.
  8. Goreng sempol hingga kecoklatan dan matang sempurna.
  9. Jika sudah matang sempurna sempol bisa disajikan.

Mengapa Sempol berkembang pesat?

Setelah demam cilok cukup lama menghebohkan masyarakat Malang, kini muncul pesaing yang sedikit menggoyahkan pendirian cilok. Sempol sedang naik daun di Malang. Alasan dasarnya, orang-orang sangat membutuhkan jajanan yang inovatif dan baru.

Murah dan mengenyangkan

Harganya mulai dari 500 hingga 1.000 rupiah, murah, dengan bahan seperti tepung terigu dan 20 tusuk untuk mengenyangkan perut hehehe

Masakan sederhana dan praktis

Mudah dibuat dan bahan-bahannya dapat ditemukan di pasar atau toko terdekat. Anda tidak harus menjadi koki. Resepnya sangat sederhana. Camilan ini seperti campuran dari ayam yang dicampur dengan tepung kanji serta tepung terigu dengan tambahan bahan beserta bumbu lainnya.

Porsi pas

Porsinya yang pas juga menjadi salah satu alasan bisa berkembang pesat.

Unik

Jajanan ini juga bisa dibilang unik dan sangat baru karena tusuknya yang memanjang dan bisa melebihi panjang dari tusukan sate.

Akhiran

Demikianlah artikel kali ini yang membahas cara membuat sempol tanpa daging yang mungkin bisa bermanfaat sekaligus berguna untuk sobat-sobat sekalian yang sedang mencari ataupun mengulik informasi terkait.

Dan sebagai akhiran, kalian juga jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya yang ada di website atau situs ini ya !, karena artikel di sana ga kalah menarik untuk kalian simak, sampai berjumpa lagi and see u another time guys ! Byebye.