cara membuat santan kelapa

Cara Membuat Santan Kelapa yang Encer Dan Kental

Posted on

Cara Membuat Santan Kelapa

Cara membuat santan kelapa

Cara membuat santan termasuk proses yang mudah tuk dilakukan. Untuk memperoleh santan kelapa kalian dapat lakukan dengan cara yang manual. Meskipun hal ini sedikit menguras waktu, tuk mendapatkan rasa makanan yang lezat itu tak akan menjadi masalah. Umumnya santan didapatkan dari hasil kita memeras parutan kelapa dengan campuran air.

 

Selain menggunakan cara yang manual, kalian juga dapat memanfaatkan mesin pemeras santan. Mesin ini membantu Anda menghemat lebih banyak energi dan waktu. Keunggulan lainnya, mesin ini dapat langsung memisahkan santan dan ampasnya dengan cara keluar di corong yang berbeda. Namun jika hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga maka bisa menggunakan cara manual saja.

Cara Membuat Santan Kelapa Kental dan Encer

Santan kental dibuat dari sari kelapa parut yang pertama. Selalu aduk selama proses memasak agar santan tidak pecah atau mengental. Begitu juga jika dimasak terlalu lama akan berubah menjadi minyak. Makanya, saat menggunakan santal, Anda harus lebih sabar untuk terus mengaduknya. Santan kental biasa digunakan untuk membuat kari, gulai, opor, dan lainnya.

Bahan-bahan

  1. ½ kelapa kering
  2. 750 ml air panas

Langkah (santan kental)

  1. Masukkan kelapa parut ke dalam wadah berisi 250 ml air panas. Diamkan beberapa saat hingga suhu turun.
  2. Peras adonan hingga keluar sarinya dari kelapa.
  3. Selanjutnya, tekan kelapa parut ke atas saringan. Pisahkan daging buah di wadah lain. Terus tekan sampai semua kelapa kering terkompresi.
  4. Siapkan mangkuk untuk menampung santan beserta saringannya.
  5. Tuang kembali 250 ml air panas ke dalam mangkuk berisi sisa kelapa yang sudah diperas. Biarkan beberapa saat, lalu tekan kembali seperti sebelumnya.

Langkah (santan encer)

  1. Ampas kelapa, diperas dua kali, disiram dengan air panas. Biarkan beberapa saat dan tekan kembali filter.
  2. Isi dengan wadah lain dari santan kental.
  3. Karena sudah diperas sebanyak 3 kali (2 kali santan kental dan 1 kali santan encer), Anda hanya perlu melakukannya sekali untuk mendapatkan santan encer.

Perbedaan paling mendasar antara santan kental dan santan encer adalah transparansi. Dituangkan ke dalam wadah bening, santan kental terlihat seperti terbelah menjadi dua lapisan. Bagian yang tebal mengapung ke atas sedangkan bagian bawah terlihat lebih tipis. Santan kental mudah retak saat dimasak.

Sedangkan santan encer memiliki lapisan tipis yang tebal pada permukaan santan. Santan encer ini lebih padat dan tidak mudah pecah saat dimasak. Oleh karena itu, santan encer terlebih dahulu dituang ke dalam mangkok. Disusul dengan santan kental, diaduk terus sampai mendidih. Tujuannya juga untuk meminimalisir santan pecah.

Kegunaan Santan Kelapa dalam Pengonsumsian

Menurut Anda, apakah santan dapat mengolah berbagai jenis makanan? Dimulai dengan makanan, minuman, sebagai sambal dan lain-lain. Seperti perbedaan kegunaan santan berikut ini.

Pengganti susu

Bagi Anda yang intoleran laktosa bisa mengganti santan dengan santan. Selain susu, santan bisa menggantikan susu atau susu yang ada di café latte Anda. Santan juga bisa digunakan sebagai krim dalam pasta atau dalam sup krim dan hidangan yogurt. Santan juga bisa dibuat menjadi es krim dengan rasa yang lembut dan hangat.

pencuci mulut

Aneka dessert berbahan dasar santan, seperti puding berlapis, puding hingga crème brûlée. Sedangkan kolak pisang juga khas Indonesia. Kolak pisang selalu menjadi ciri khas saat Ramadhan tiba.

Saus saus pelengkap

Kok kuahnya terbuat dari santan? Ada dua jenis sambal yang bisa Anda makan. Untuk masakan dim sum, Anda bisa mencampurkan santan dengan bubuk kari, kecap ikan dan sedikit air jeruk nipis. Untuk menikmati Potonan Buah, Anda bisa mencampurkan santan dengan susu kental manis dan sedikit garam. Buah yang bisa Anda coba adalah mangga segar atau nanas bakar.

Rasa kari

Salah satu negara yang kreatif dengan olahan kari adalah Thailand. Thailand dapat mengolah kari dalam berbagai warna seperti hijau dan merah. Dagingnya diolah dengan hidangan kari ini, gula pada santannya menjaga teksturnya tetap juicy, meski dimasak dalam waktu lama. Dipadukan dengan berbagai bumbu pada kuah kari, membuat cita rasa kari semakin nikmat.

Minum penyegar

Selain es krim, santan juga bisa dibuat menjadi minuman segar lainnya. Berbagai minuman segar ini lebih dikenal di dunia makanan kebarat-baratan. Misalnya seperti teh latte, santan coklat, mocktail dari Pina Colada. Jika Anda ingin mengembangkan kreativitas Anda sendiri, Anda juga bisa. Bagikan resepnya ya!

 

Setelah mengetahui resep membuat santan, Anda bisa mulai membuat makanan atau minuman sendiri. Jika Anda lebih mementingkan penggunaan resep pembuatan santan, Anda bisa menggunakan cara instan. Ada banyak supermarket yang menjual santan instan.

Dipilihnya santan instan karena lebih nyaman. Biasanya untuk menggunakannya, Anda perlu menambahkan air sesuai dengan kebutuhan memasak Anda. Menambahkan homogenizer tidak akan merusak santan instan dengan mudah saat sudah matang. Namun, tentunya menggunakan bahan pengawet tambahan untuk membantu tampilan santan instan lebih lama di supermarket. Oke semoga cara membuat santan di atas bermanfaat! Selamat berkreasi!