Cara Membuat Samosa

Posted on

Hai semuanya selamat sore, jadi di sore hari yang hujan ini aku ingin berbagi bagaimana cara membuat kulit samosa, kok kulitnya aja sih? Tentu saja kalian juga dapat membaca artikel lainnya yang saya buat tentang cara membuat samosa.

Apa sih samosa itu? tentu saja jika kalian menggemari film kartun seperti kartun “Motu Patlu” asal India ini pasti kalian sudah tahu apa itu samosa.

Yakni makanan yang di buat dengan lapisan kulit di luarnya dan berisi tumisan untuk bagian dalamnya,

tumisannya dapat berupa tumisan ayam, sayur, maupun daging hewan lainnya,

Dan jika kalian berminat dalam pembuatannya ini kalian dapat menggunakan kompor elektrik untuk pembuatan yang lebih mudah.

Oke tanpa basa – basi lagi, yuk langsung aja kita lanjut ke cara membuat kulit samosa ini. Namun sebelum kalian akan benar-benar berlanjut ke cara membuat kulit samosa ini kalian akan di arahkan terlebih dahulu ke sedikit pengetahuan mengenai apa itu samosa beserta searahnya.

Yuk di simak penjelasan yang telah aku paparkan di bawah ini dengan seksama ya teman-teman, penjelasan ini telah aku siapkan secara khusus untuk kalian yang dapat membaca artikel ini saja loh.

Dan angan lupa untuk menyimaknya dengan seksama serta membacanya sampai akhir ya teman-teman

sebab jika kalian tidak membaca artikel ini dengan teliti sampai akhir kalian akan mendapatkan kesalahpahaman.

 

Apa Itu Samosa?

Cara Membuat Samosa

Samosa, samsa atau somsa merupakan pastri goreng yang berbentuk segitiga. Isinya berupa kentang rebus berbumbu rempah-rempah dan dicampur dengan kacang kapri, bawang bombai, daun ketumbar,

Serta kadang-kadang paneer. Makanan ringan ini juga amat populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan di Jazirah Arab.

 

Sejarah Samosa

Mungkin samosa ini adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak memiliki sejarah perjalanan dibandingkan dengan makanan yang lain, sejarahnya dimulai dari Mesir lalu ke Cina hingga ke India.

Samosa ini dimakan sebagai cemilan oleh para pedagang dan musafir di sebuah perkemahan ataupun tempat peristirahatan selama perjalanan.

Terdapat buku resep masakan Arab yang ditemukan dari abad ke 10 yang mencatat nama “sanbusak”. Pasalnya “samsa” dalam bahasa Persis memiliki arti “Piramid”,

Sehingga semua orang mulai bisa melihat keterkaitannya. Sebagai catatan bahwa sampai saat ini di Mesir, “Samosa” oleh sebagian orang masih dikenal sebagai “sambusak”, yang hanya berbeda satu huruf yakni terletak ada huruf m dan n.

Sekitar pada abad ke 11 para pedagang muslim mulai membawa makanan samosa ini dalam perjalanan mereka dari tanah sucinya ke India. Samai pada abad ke 13, samosa sudah tidak lagi hanya dimakan oleh para pedagang saja, melainkan dimakan oleh para pejabat, orang penting atau bahkan sultan/raja.

Cendekiawan dan penyair kerajaan Kesultanan Delhi menulis sekitar ada tahun 1300 mengenai para pangeran dan kalangan bangsawan yang menyukai “samosa” yakni yang terbuat dari daging, minyak samin, bawang bombai, dan lain lain.

Bahkan tat pada abad ke 14, seorang penjelajah terkenal bernama Ibn Battuta dalam perjalanannya mencatat bahwa samushak atau sambusak dengan isi daging cincang, kacang badam, kacang pistasio,

dan kacang walnut, dihidangkan di dalam Istana Muhammad bin Tughluq (Delhi, India) sebelum hidangan ketiga disajikan. Hingga ada saat ini, jenis samosa yang paling laris dan banyak diminati adalah Samosa Sayur.

Di Indonesia, samosa dipercaya dibawa oleh pada pedagang dari Arab dan Gujarat, yang kemudian menjadi terkenal sejak diperkenalkan serta dipromosikan oleh restoran Arab dan India.

Biasanya di Indonesia makanan ini disebut dengan nama sambosa atau samosa yang berisi campuran sayur dengan daging.

Sehingga dapat kita ambil kesimpulannya bahwa Samosa ini berasal dari Mesir yang lalu menjadi terkenal di India. Ini merupakan sebuah sejarah samosa sebagai makanan yang sangat populer, namun masih banyak juga orang yang belum mengetahui asal usul samosa ini.

 

Cara Membuat Samosa

Cara Membuat Samosa

Bahan – Bahan :

Bahan Kulit :

  • Tepung terigu serbaguna 500 gr
  • Air 310 ml
  • Minyak 2 SDM
  • Garam 1 SDT

Bahan Isian :

  • Ayam cincang 700 gr
  • Bawang bombai 5 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang daun 1 genggam
  • Garam 1 SDT
  • Gula 1 SDM
  • Lada bubuk 1 SDT
  • Bubuk kari instan 2 SDM

 

Cara Membuat :

Kulit :

  1. Siapkan wadah yang sedang saja, masukkan 500 gr tepung terigu serbaguna, 310 ml air, 2 SDM minyak, serta 1 SDT garam. Uleni hingga adonan menjadi kalis, kemudian istirahatkan/diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  2. Setelah adonan diistirahatkan/didiamkan, bagilah adonan menjadi 4 bagian, pada setiap bagiannya dibagi lagi menjadi 5, lalu bentuklah bulatan – bulatan (yang hasil totalnya adalah 20 bulatan).
  3. Selanjutnya ambillah 5 bulatan adonan, pipihkan dengan cara menggilingnya. Dan sekarang kalian memiliki 5 buah lembar adonan kulit, yang 4 oleskan dengan minyak permukaan atasnya dan taburilah tepung, tumpuklah masing-masing lembarannya, 1 lembar paling atas tidak perlu kalian olesi diolesi.
  4. Kemudian, rapikan pinggiran tumpukan lembar tiap adonannya, lalu gilas sekaligus tumpukan 5 lembar itu membentuk lingkaran tipis, serta pangganglah dengan menggunakan teflon, yang telah dipanaskan serta dengan api kecil.
  5. Pangganglah masing-masing sisi selama maksimal 2 menit, setelah itu angkat dan iris pinggir-pinggirnya sehingga bentuknya menjadi segi empat. Lalu irislah menjadi 3 bagian pada segi empat tersebut (lembaran yang memanjang)
  6. Selanjutnya pisahkan masing-masing lembarnya. Dan kalian dapat langsung menggunakannya ataupun bisa kalian simpan dalam freezer dengan cara membungkusnya dalam plastik warp terlebih dahulu.

Isian :

  1. Tumislah 3 siung bawang putih yang sudah di kuas, dicuci, dan dicincang, lalu masukkan 5 buah bawang bombai yang sudah di kuas, di cuci, dan dipotong dadu, kemudian masukkan juga 700 gr daging ayam yang sudah bersih dan sudah di potong cincang,
  2. Selanjutnya masukkan 1 SDT garam, 1 SDM gula, 1 SDT lada bubuk, dan 2 SDM bubuk kari instan.
  3. Kalian tidak perlu memakai air karena ayam akan mengeluarkan air. Masaklah hingga ayam terlihat kesat (cairannya sat).
  4. Jika sudah, matikan kompor elektrik, kemudian masukkanlah irisan bawang daun (yang sudah di cuci bersih ya teman-teman).
  5. Setelah itu, bentuklah ujung kulit samosa seperti contong, isi dalamnya dengan isian yang telah di masak tadi, lipatlah membentuk segitiga serta rekatkan ujungnya dengan lem (terigu + air)
  6. Samosa bisa langsung kalian goreng, panaskan minyak dalam wajan terlebih dahulu, jika sudah mulai memanas. Kalian bisa langsung menggorengnya sampai matang dan berwarna kecokelatan.
  7. Sisanya bisa kalian disimpan dalam freezer (taruh dalam wadah yang kedap udara)

 

Manfaat

1. Menambah Protein Pada Tubuh

Jika isi samosa ini berupa ayam, daging sapi, serta daging hewan lainnya, tentu saja samosa ini mengandung protein ya, kalian juga dapat menjadikan samosa ini sebagai makanan berat ataupun lauk pauk.

 

2. Menambah Vitamin

Dan apabila isi dari samosa ini merupakan sayur-sayuran, tentu saja samosa ini juga mengandung vitamin ya teman-teman, meskipun sayurannya di goreng juga tetap masih mengandung vitamin di dalamnya, kalian juga dapat menambahkan makanan samosa ini pada daftar menu favorit kalian.

3. Kenyang

Kebanyakan makanan jajanan seperti ini hanya dapat membuat gatal mulut saja dan candu, membuatmu ingin lagi lagi dan lagi, berbeda dengan jajanan samosa ini, kalian akan selalu merasa kenyang ketika memakannya. Dan kalian juga akan lebih bertenaga sebab makanan samosa ini juga merupakan makanan berat

 

4. Membuatmu Lebih Bergairah

Dengan memakan makanan samosa ini kalian akan menjadi lebih bergairah dalam melakukan aktivitas harian kalian, makanan ini juga dapat membuatmu menjadi bersemangat berkali-kali lipat, karena rasanya yang sangat enak inilah yang mengakibatkanmu dapat menjadi lebih bersemangat ini.

 

5. Menambah Tenaga

Tentunya makanan samosa yang kalian makan ini dapat menambah tenaga pada kalian, karena isi di dalamnya yang dapat berupa daging atau sayuran dapat menambah tenaga kalian.