Cara Membuat Rawon Sapi Gurih Nikmat Yang Enak Dan Lezat

Posted on

 

cara membuat rawon sapi

Tidak yakin bagaimana cara memasak daging tapi tidak tahu harus membuat apa? Begini cara memasak daging mentah, Anda bisa menjadikan daging menjadi makanan yang enak dan bisa Anda lakukan di rumah.

Rawon merupakan salah satu makanan yang paling fokus oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia juga banyak pengaruh asing yang berkembang dengan kearifan lokal dan kini menjadi ragam masakan tradisional. Namun, rawon tergolong makanan terbaik karena penampilannya yang unik.

Daging rawon diiris kecil-kecil dan bagian utama dari sandung lamur adalah yang paling masuk. Proses memasaknya pun relatif mudah dan praktis. Setelah rawon matang, rawon ini disantap dengan beberapa pelengkap yaitu telur asin, tauge kecil, jeruk nipis, kerupuk udang, dan sambal yang diimbangi dengan teh manis hangat.

Bahkan rawonnya terkenal sampai ke seluruh pelosok nusantara. Maka tak heran jika banyak orang yang memasak dan suka rawon sebagai makanan rumahan yang enak. Resep daging rawon juga memiliki resep yang beragam.

Tak hanya itu, ada juga mesin untuk menghaluskan bumbu yaitu mesin penggilingan bumbu. Mesin penggiling ini memiliki fungsi sebagai penggiling bumbu yang akan digunakan untuk memasak rawon. Dengan menggunakan mesin penggiling bumbu ini, Anda akan lebih mudah mengolah bumbu dan mendapatkan bumbu yang lebih berkualitas, terutama di tingkat kehalusan bumbu.

Ada juga mesin untuk menghasilkan bumbu yaitu mesin penggiling bumbu. Mesin penggiling ini digunakan sebagai penggiling bumbu untuk masakan rawon. Anda dapat mengunjungi rumahmesin.com untuk melihat mesin apa yang mereka pasarkan. Dengan menggunakan mesin penggiling bumbu ini akan memudahkan Anda dalam mengolah bumbu dan mendapatkan bumbu yang lebih berkualitas.

Mengamati Potensi Bisnis Rawon

Sebelum anda mulai menjalankan bisnis rawon, hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah memperhatikan potensi bisnis rawon yang akan anda jalankan. Jika memperhatikan lingkungan tempat tinggal anda yang belum banyak yang menjalankan usaha rawon, maka potensi usaha dapat dikatakan sangat menguntungkan karena aspek persaingan usaha rawon tidak terlalu ketat seperti yang anda bayangkan. .

Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

Setelah melihat potensi usaha yang sangat menguntungkan untuk Anda jalani, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari lokasi usaha yang akan dijadikan tempat usaha dalam menjalankan usaha rawon. Jika memilih lokasi untuk dijadikan tempat usaha rawon, sebaiknya mencari tempat yang ramai dan mudah dikunjungi oleh berbagai kalangan. Jadi, jika Anda bingung lokasi yang akan Anda jadikan tempat usaha, Anda bisa memilih lokasi di sekitar tempat wisata, dekat perkantoran, dekat kampus dan dekat sekolah. Tempat-tempat tersebut akan sangat menunjang kelancaran bisnis rawon yang Anda jalankan. Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan lokasi yang Anda pilih.

Mencari Daging Sapi Segar

Dalam proses pembuatan rawon yang membutuhkan daging sapi, sebagai usaha makanan harus memilih daging sapi yang berkualitas agar rasa rawon yang dihasilkan juga enak dan melayani berbagai kalangan. Daging sapi berkualitas adalah daging sapi yang masih segar. Ciri khas daging sapi segar biasanya memiliki tampilan warna yang cerah dan tidak pucat. Selain itu tekstur dagingnya juga tidak terlalu keras. Saat Anda mencium baunya, itu juga tidak menyengat. Agar tidak salah memilih pilihan dalam menentukan daging yang akan Anda gunakan, sebaiknya mencari pemasok yang dapat memberikan daging yang berkualitas agar bisnis yang Anda jalankan dapat dijalankan dengan lancar.

Mengolah Daging Sapi Dengan Tekstur Lembut

Hidangan mentah yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utama yang menyajikan daging sapi dengan tekstur yang lembut. Dalam mengolah rawon untuk menghasilkan daging yang bertekstur lembut, melalui beberapa proses. Jika anda seorang pengusaha rawon yang masih pemula, anda bisa bertanya kepada masyarakat siapa yang bisa membuat rawon dengan tekstur daging yang empuk. Semakin banyak informasi yang didapat, semakin mudah bagi Anda untuk membuat olahan rawon dengan tekstur daging yang pas dan enak.

Konsumen Rawon

Makanan rawon yang berasal dari daerah jawa timur memang banyak di daerahnya, selain itu di ketahui di daerahnya sendiri, makanan rawon ini juga banyak masukan dari luar daerah.
jadi jika anda akan menjalankan bisnis rawon food maka target market yang anda dapatkan akan semakin besar, karena bisa menjangkau semua daerah selain jawa timur. Makanan berupa rawon juga sangat terjangkau sehingga bisa disantap oleh semua kalangan dari kelas menengah ke atas hingga kelas menengah ke bawah.

Info Bisnis Rawon

Memulai usaha makanan dengan menu tradisional yaitu rawon memerlukan beberapa persiapan untuk menunjang kebutuhan usaha. persiapan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidak jauh berbeda dengan bisnis makanan lainnya.
yang membedakan hanya pada proses produksinya saja, karena makanan mentah menggunakan bumbu khusus sehingga mempunyai ciri khas unik. berikut beberapa persiapan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis rawon:

  • Persiapkan perlengkapan dan perlengkapan bisnis. Alat dan perlengkapan tersebut seperti jendela toko, kompor, alat masak, alat makan, meja kursi dan perlengkapan lainnya.

  • Pilihlah lokasi yang strategis untuk bisnis Anda dan pilihlah lokasi yang ramai karena banyak orang yang lalu lalang. Lokasi tersebut antara lain area sekolah, kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

  • Berikan harga yang pas, makanan berupa makanan yang disajikan di restoran mewah hingga warung jajanan, karena itu ditawarkan sesuai dengan target pasar Anda. Satu porsi rawon biasanya dipatok dengan harga Rp. 6.000 sampai Rp. 15.000.

  • Kualitas produk harus diperhatikan. Hal penting yang harus diperhatikan adalah menjaga kualitas dan cita rasa produk. Jadi, pilihlah bahan baku yang segar untuk membuat makanan rawon ini.

  • Bahan terpentingnya adalah kluwak karena cita rasa khas yang dihasilkan dari rawon ini berasal dari bumbu ini. Kemudian pilih keluak yang benar-benar tua, agar warna dan rasa yang dihasilkan semakin nikmat.

Tips Memilih Daging Yang Baik Untuk Membuat Rawon

  • Daging yang digunakan untuk membuat rawon berbeda dengan daging yang digunakan untuk membuat masakan daging lainnya seperti rendang, sop daging dan lain-lain.

  • Sebaiknya pilih daging yang memiliki sedikit daging dan juga sedikit lemak. Karena ini akan mentah, tapi Anda tetap bisa menikmati kelezatan daging sapinya.

  • Jangan memilih daging tetelan karena tekstur daging yang biasanya banyak lemak dan sedikit daging akan membuat daging sangat sulit digigit atau sulit untuk dimakan.

  • Padahal tetelan ini adalah daging pilihan. Kebanyakan orang memanfaatkannya sebagai rawon, namun daging tetelan ini memiliki daging yang sangat sedikit dibandingkan dengan daging lainnya.

  • Daging rawon terbaik adalah daging di bagian dada atau punggung. Karena daging di daerah ini memiliki tekstur yang pas untuk dijadikan rawon, sehingga mudah digigit dan rasanya enak untuk dicicipi.

Kuahnya yang mentah terbuat dari daging sapi yang direbus dan yang unik adalah yang berwarna hitam pekat. Pasalnya, buah kluak menghasilkan warna hitam pekat dan juga pewarna alami. Isi buah kluak direbus terlebih dahulu dan digunakan dengan kuah rawon untuk memasak daging sapi. Selain warnanya yang hitam, sambal rawon juga memiliki cita rasa khas yang gurih dan enak dan bisa ditemukan pada masakan lainnya.

Cara Membuat Rawon Sapi

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging sapi

  • 1 bungkus bumbu rawon instan (cap lilik)

  • 2 batang serai

  • secukupnya gula pasir

  • 7 lembar daun salam

  • 5 lembar daun jeruk

  • secukupnya garam

Bumbu Halus :

  • 3 buah kluak

  • 1 sdm ketumbar yang sdh d sangrai

  • 2 ruas jahe

  • 7 siung bawang merah

  • 2 ruas kunyit

  • 5 siung bawang putih

  • 2 ruas laos

Pelengkap :

  • sambal (cabe rawit dan bawang putih)

  • kecambah pendek

  • jeruk nipis

  • kerupuk

  • daun pre dan bawang merah goreng

Cara Membuat Rawon  Daging Sapi Spesial :

  1.  Siapkan dagingnya dan iris sesuai selera tapi juga jangan terlalu besar.

  2. Cuci bersih lalu tiriskan.

  3. Haluskan semua bumbu halus.

  4. Di dalam panci, panaskan 2 liter udara. Tunggu sampai mendidih.

  5. Rebus daging sapi dengan api sedang untuk mendapatkan kaldu yang bening.

  6. Setelah itu, tunggu dagingnya melunak.

  7. Tumis bumbu halus yang telah dihaluskan dengan api sedang.

  8. Terus aduk hingga tercium aroma tumis.

  9. Pastikan untuk terus mengaduk bumbu tumis agar tidak gosong.

  10. Tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk dan daun salam.

  11. Aduk hingga layu dan pucat.

  12. Setelah bumbu ditumis hingga harum, budaya bumbu ke dalam panci rebusan daging.

  13. Aduk hingga bumbu tercampur dengan daging dan kaldu.

  14. Selanjutnya tambahkan garam, gula merah, dan merica bubuk lalu cicipi rasanya jika ada yang kurang anda bisa menambahkannya.

  15. Lanjutkan memasak dengan api sedang dan tunggu hingga daging benar-benar empuk dan bumbu benar-benar meresap ke dalam daging.

  16. Setelah dihapus, tambahkan irisan daun bawang. Tunggu sekitar 5-8 menit.

  17. Matikan api dan sajikan rawon beserta bahan pelengkap untuk kenikmatan maksimal.

Resep membuat rawon daging sapi memang sangat mudah bukan. Yang bisa dibuat di rumah. Dengan resep membuat rawon sapi ini, Anda bisa mendapatkan hasil yang sempurna yang Anda inginkan.
Demikian artikel tentang cara membuat rawon daging sapi yang enak dan enak yang bisa anda coba dan praktekkan di rumah. Semoga dengan hadirnya artikel-artikel yang saya bahas diatas dapat bermanfaat dan membawa manfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.