Cara Membuat Rawon Dengan Mengunakan Daging Sapi

Posted on

Resep rawon daging merupakan salah satu masakan yang paling digandrungi di Indonesia dan sangat otentik. Kita juga mengenal banyak pengaruh asing yang berkembang dengan kearifan lokal dan kini menjadi berbagai masakan tradisional. Namun rawon tergolong makanan paling favorit karena penampilannya yang unik.
Makanan ini tidak hanya bertahan hingga saat ini, bahkan rawonnya terkenal hingga ke seluruh pelosok nusantara. Maka tidak heran jika banyak orang yang memasak dan menyukai rawon sebagai makanan rumahan. Rawon berasal dari Jawa Timur. Jawa Timur merupakan provinsi yang kaya akan makanan enak dan variatif.
Bumbu rawonnya dibuat dengan kuah daging sapi, namun yang membuatnya unik adalah tampilan kuahnya yang berwarna hitam pekat. Pasalnya, buah kluak memiliki warna hitam pekat. Isi buah yang direbus terlebih dahulu dan dicampur dengan kuah rawon yang digunakan sebagai penanak daging. Selain warnanya yang hitam pekat, kuah rawon akan memiliki cita rasa yang khas dan bisa ditemukan pada hidangan lainnya.
Daging rawon diiris kecil-kecil dan bagian utamanya adalah sandung lamur. Proses memasaknya pun relatif mudah dan praktis. Setelah rawon matang, rawon ini disajikan dengan berbagai pelengkap yaitu telur asin, tauge kecil, jeruk nipis, kerupuk udang, dan sambal.
Tahukah Anda bahwa pemilihan kluek sangat penting dalam menciptakan masakan rawon yang enak. Pemilihan kluek yang salah bisa membuat rasa rawon tidak sesuai dengan keinginan. Kluek yang sebaiknya digunakan adalah kluek dengan ciri khas yang harus diperhatikan oleh semua ibu saat memasak rawon. Beberapa tips memilih kluek yang baik antara lain sebagai berikut:

Tips Memilih Biji Kluek yang Baik untuk Memasak Rawon

  1. Hindari biji kluwek muda, biji kluwek muda di tandai dengan daging biji kluwek warna hijau atau hitam kehijauan. Pilihlah daging biji kluwek berwarna hitam kemerahan, karena hal ini menandakan kluek sudah cukup matang untuk digunakan memasak rawon
  2. Usahakan menjilat biji kluek untuk mengetahui rasanya. Salah satu kualitas daging biji kluwek yang baik adalah yang terasa tidak pahit . Hindari biji kluwek sangat pahit karena nantinya akan sangat berpengarung pada kuah rawon bunda karena rasanya ikut pahit

 Resep Rawon Daging Sapi.

Bahan Rawon Daging Sapi:
500 gram Sandung lamur
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas, memarkan
cukup air

Bumbu halus :

  • 6 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 7 kluwak, kikis isinya
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 1 ruas kunyit, sangrai
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • gula untuk dicicip

Yang saling melengkapi:

  • kecambah
  • telur asin
  • saus terasi
  1. Cara Membuat Rawon Daging Sapi:
    Tumis bumbu halus yang telah dihaluskan, tambahkan lengkuas, serai dan daun jeruk hingga harum dan matang.
  2. Kemudian masukkan daging sapi, aduk hingga rata dan tambahkan air secukupnya.
    Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk hingga tercampur rata, masak mengunakan mesin vaccum fraying hingga matang dan daging empuk.
  3. Cicipi dan matikan kompor.
  4. Sajikan rawon selagi masih hangat dengan taburan taoge, telur asin, dan sambal.\

Demikian artikel tentang resep rawon daging sapi khas yang enak dan mudah dibuat ini. Bisa di coba dan di praktekkan di rumah dan kamijuga memiliki beberapa resep lainya yang mungkin kalian juga suka untuk cemilan dirumah yaitu resep usus crispy. Semoga dengan kehadiran artikel yang saya buat di atas bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.