Cara-Membuat-Pupuk-Dari-Sabut-Kelapa

Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Bermanfaat

Posted on

Halo Semuanya kali ini saya akan membuat artikel tentang Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Bermanfaat simak berikut ini yaa..

Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Bermanfaat

Cara-Membuat-Pupuk-Dari-Sabut-Kelapa

Produksi kelapa Indonesia rata-rata 15,5 miliar per tahun, menurut Kementerian Pertanian. Ini setara dengan 3,02 juta ton kopra, 3,75 juta ton air, 0,75 juta ton arang, 1,8 juta ton sabut kelapa, dan 3,3 juta ton serbuk kelapa. Setiap kelapa tua memiliki serat kelapa setebal 5 sampai 6 cm yang terdiri dari lapisan luar dan lapisan dalam. Satu buah kelapa menghasilkan sekitar 0,4 kg serat kelapa, yang mengandung 30 persen serat yang kaya unsur. Komposisi kimia sabut kelapa meliputi selulosa, lignin, asam pirolat, gas, arang, tar, tanin dan kalium.

Selain itu, sabut kelapa juga mengandung 10,25% kalium, sehingga menjadi alternatif sumber kalium organik untuk mendukung pupuk KCl sintetis. Unsur-unsur seperti Ca, Mg, K, Na dan P membuat kelapa kelapa sangat cocok digunakan sebagai pupuk organik.

Sedangkan untuk substrat tanam, sabut kelapa mampu mengikat dan menyimpan air, memiliki aerasi dan drainase yang baik, serta mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Sementara itu, dalam proses pemisahan kelapa dari kelapa, debu pasti akan menyebar. Debu ini juga dapat digunakan untuk pupuk organik. Karena debu kelapa mengandung berbagai nutrisi seperti N, P, K, Ca, Mg, Na, Fe, Mn, Cu, Zn, dan Al. Penggunaannya terjadi dalam proses pengomposan untuk mengurangi tingkat senyawa fenolik dan tanin yang ada dalam debu kelapa.

Anda tidak bisa menyuburkan tanaman dengan kelapa dari buah kelapa hanya karena masih kekurangan nitrogen dan fosfor. Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, perlu ditambahkan pupuk lain seperti pupuk kandang. Di antara pupuk yang berasal dari kotoran hewan, kotoran kambing sangat ideal mengingat ketidakseimbangannya. Mencampurnya dengan sabut kelapa akan meningkatkan unsur kalium yang tersedia untuk tanaman.

Kalian Ingin Membeli cocomesh yang murah dan sangat berkualitas? kunjingi web berikut : Jual Cocomesh Murah Dan Berkualitas

Berikut langkah-langkah membuat pupuk organik cair dengan bahan kelapa dan kelapa. Sebelumnya, perlu juga menyiapkan bahan dan alat lain untuk menyelesaikan proses produksi.

Alat dan bahan tersebut antara lain :

  • Wadah (ember / tong / tabung bekas)
  • Parang / Parang
  • 1 kg batok kelapa (kering)
  • 100 gram gula merah
  • EM4 100ml
  • Udara 10 huruf

Kemudian untuk tsar, pertunjukannya sendiri adalah:

  • Potong sabut kelapa menjadi potongan-potongan kecil dan masukkan ke dalam wadah (jeri).
  • Kemudian larutkan gula merah dalam 10 liter air dan tambahkan EM4
  • Kemudian tuangkan larutan homogen ke dalam wadah berisi potongan sabut kelapa dan tutup rapat.
  • Simpan wadah yang berisi larutan di tempat hujan dari sinar matahari langsung selama sekitar dua minggu.
  • Tutup tabung dapat dibuka selama beberapa detik setiap pagi untuk menghilangkan gas yang dihasilkan.
  • Jika bau selotip dan air rendaman berubah menjadi hitam agak kecoklatan atau kuning tua, maka POC telah berhasil difermentasi dan siap diaplikasikan pada tanaman.

Ingin mengetahui Web utama kami Cek di sini yaa :RumahMesin

Sedangkan cara mengaplikasikannya adalah:

Aplikasi root: campurkan 1 bagian POC dengan 3 bagian air bersih. Kemudian bisa dituang ke tanaman dengan dosis 250 ml/tanaman. Aplikasi diajukan seminggu sekali.

Aplikasi pada daftar: campurkan 1 bagian POC dengan 5 bagian air bersih. Kemudian, seminggu sekali, Anda bisa menyemprotkannya ke daun dan batang tanaman.

Selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik, kelapa ini juga dapat digunakan sebagai media tanam karena mampu mengikat dan menyimpan udara dengan kuat, memiliki aerasi dan drainase yang baik, cocok untuk daerah panas dan mengandung nutrisi penting.

Sebagai informasi tambahan, selain dari bagian sabut kelapa, ternyata serbuk kelapa juga dapat digunakan untuk pembuatan pupuk organik. Serbuk kelapa adalah produk sampingan dari proses serat. Serbuk kelapa mengandung berbagai unsur hara N, P, K, Ca, Mg, Na, Fe, Mn, Cu, Zn dan Al. Penggunaannya berlangsung dalam proses pengomposan untuk mengurangi kadar senyawa fenolik dan tanin dalam debu kelapa.

Baca Juga : Berikut Ini Beberapa Penjelasan Cocomesh Sabut Kelapa

Sekian dulu Penjelasan Dari saya tentang Pupuk Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa Gampang Dan Bermanfaat semoga bermanfaat untuk kita semua