cara membuat minyak kelapa vco

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO yang Mudah Dicoba Bagi Pemula

Posted on

Assalamu’alaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat minyak kelapa VCO. Lampung Timur merupakan salah satu kabupaten yang menghasilkan kelapa dan berupa perkebunan rakyat. Hal ini akan menjadi peluang untuk pengembangan kelapa menjadi produk lainnya. Bisa juga menggunakan mesin VCO.

Baca juga Web utama kami Rumah Mesin

Definisi Minyak VCO

cara membuat minyak kelapa vco

Salah satu contoh produk kelapa yaitu menjadi minyak kelapa murni atau virgin coconut oil ( VCO ). Virgin coconut oil ( VCO ) merupakan hasil modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, dan mempunyai daya simpan yang cukup lama.

Virgin coconut oil ( CVO ) merupakan minyak perawan yang berasal dari sari pati kelapa, yang diproses secara higienis tanpa sentuhan api secara langung dan menggunakan bahan kimia tambahan. Dan juga merupakan produk yang diperoleh dari daging kelapa segar tanpa pemanasan dan tanpa bahan kimia. Sehingga dapat dikategorikan sebagai pangan fungsional dan minyak sehat.

Virgin coconut oil juga dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk olahan seperti es krim virgin coconut oil ( VCO ), minuman berenergi VCO-madu, VCO rasa sari nanas, dan biskuit bayi. Minyak kali ini memiliki banyak keunggulan yaitu tidak membutuhkan banuak biaya karena bahan baku mudah didapat dengan harga murah, serta pengolahan mudah dan tidak rumit.

Minyak virgin coconut oil mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan minyak goreng. Selain itu minyak virgin coconut oil dapat membantu mencegah penyakit antung, kanker, diabetes, dan penyakit degeneratif lainnya. Dan juga dapat memperbaiki pencernaan, meningkatkan sisitem kekebalan tubuh, mencegah infeksi virus ( HIV ) dan SARS, serta dapat mengobati penyakit lainnya.

Dari segi ekonomi harga jual minyal VCO lebih malah dibandingkan minyak kopra. Dan tiga kali lipat dibandingkan harga minyak biasa. Oleh karena itu peluang dan pemanfaatannya cukup luas, dan dapat mejadi salah satu alternatif agriindustri yang mudah ditetepkan di skala rumah tangga.

Berikut beberapa kelebihan minyak VCO antara lain, daya simpan lebih lama kira-kira 10 tahun, berwarna jernis, berbau khas minyak kelapa, proses pembuatan yang cepat, kandungan asam lemat rantai sedang tidak mengalami denaturas, demikian juga dengan kandungan antioksidannya.

Sedangkan kelebihan minyak VCO fermentasi adalah berwarna jernih, beraroma harus, penggunaan energi yang minimal, tingkat ketengikan rendah dan daya simpan yang lama. Hanya saja proses fermentasi lebih lama kira-kira membutuhkan 24 jam.

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO

cara membuat minyak kelapa vco

Alat dan Bahan Pembuatan :

  • Ember
  • Wadah transparan
  • Baskom
  • Parutan
  • Saringan santan
  • Corong minyak
  • Selang kecil 2 meter
  • Sarung tangan plastik
  • Mixer
  • Kertas atau kain saring
  • Kapas
  • Kelapa tua -20 butir
  • Air

Cara Membuat Minyak Kelapa VCO :

  1. Pertama-tama siapkan 20 butir kelapa tua.
  2. Kemudian cuci kelapa dan parut sampai halus.
  3. Setelah itu campur parutan kelapa dengan air dengan berbandingan 1:1.
  4. Kemudian peras sampai menghasilkan santan.
  5. Setelah itu taruh santan ke dalam wadah tranparan dan diamkan selama 2 jam.
  6. Jika sudah terbentuk krim, skim, da air, lalu ambil krimnya dan taruh ke dalam baskom.
  7. Setelah itu campurkan bisa menggunakan mixer kira-kira 30 menit.
  8. Kemudian masukkan ke dalam wadah tranparan dan biarkan selama 24 jam dalam kondisi tertutup.
  9. Setelah itu akan terbentuk 3 lapisan, yaitu minyak, blondo, dan air.
  10. Kemudian pisahkan minyak dengan menggunakan selang, lalu saring.
  11. Minyak virgin coconut oli ( VCO ) siap dikemas dalam wadah bersih.

Baca juga : Resep Masak Daun Singkong Santan Enak dan Lezat 

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat minyak kelapa vco bermanfaat. Selamat mencoba…

Terima kasih:)