Cara Membuat Krecek Kerupuk Kulit

Posted on

Bagaimana cara membuat krecek kerupuk kulit? Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya? Apakah bahan-bahannya dapat dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar?

Halo semuanya selamat pagi. Semoga kalian sehat selalu serta selalu berada dalam lindungan Tuhan YME. Karena jika di lihat dari situasi dan kondisi saat ini,

Yang sangat tidak menjamin kesehatan imun tubuh kita, di saat pandemi ini yang memungkinkan kita selalu berada di rumah, tentunya kalian harus mencoba membuat krecek kulit ini

Kalian juga bisa mengawetkan kerupuk kulit ini supaya bertahan lama menggunakan penjepit hand sealer

Selain bahannya mudah di temukan di sekitar kita, krecek kulit ini juga memiliki rasa yang sangat khas, Yuk langsung aja kita lanjut ke cara membaut krecek kerupuk kulit,

Namun sebelum kita berlanjut ke cara membuat kerupuk kulit, sudahkah kalian tahu apa itu krecek kerupuk kulit? Sejarahnya? Bahkan hal menarik lainnya mengenai krecek kerupuk kulit ini?

Jika belum yuk simak dulu sedikit wawasan/pengetahuan terkait krecek kerupuk kulit ini di bawah, yang telah aku siapkan khusus untuk kalian.

 

Apa Itu Krecek Kerupuk Kulit?

cara membuat krecek kerupuk kulit

Krecek atau kerecek adalah masakan atau bumbu-bumbunya sama dengan bumbu-bumbu sambal goreng, hanya kuahnya agak banyak. Di daerah Jawa Tengah yang dimaksud krecek adalah sambel goreng tempe dengan kerupuk kulit.

 

Asal – Usul Krecek Kerupuk Kulit

Krecek merupakan sejenis kerupuk dengan bahan dasar kulit kerbau atau sapi. Krecek biasa digunakan pada masakan seperti sayur gudeg, sambal goreng krecek, dan aneka masakan variasi lainnya yang menggunakan krecek.

Selain untuk sayur , terdapat juga krecek gurih yang bisa langsung dikonsumsi. Krecek dibuat dengan cara membersihkan dahulu kulit kerbau atau sapi yang akan digunakan sebagai bahan dasar krecek (disamak).

Kemudian kulit tersebut direndam dalam air panas sampai lunak, lalu dijemur sampai kering. Setelah kering kulit tersebut dipotong-potong kecil-kecil (krecek mentah). Dalam beberapa literature, kerupuk krecek merupakan salah satu menu andalan Kraton Jawa.

 

Cara Membuat Krecek Kerupuk Kulit

cara membuat krecek kerupuk kulit

Bahan – Bahan :

  • Kerupuk kulit 2 bungkus ukuran sedang
  • Kacang tolo 1/4 kg
  • Cabai rawit merah Jowo 10 buah
  • Santan 250 cc
  • Air 800 cc
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Cabai merah keriting 6 buah
  • Cabai rawit merah 6 buah
  • Kemiri
  • Ketumbar
  • Lengkuas
  • Daun salam
  • Garam
  • Gula Jawa

 

Cara Membuat :

  1. Rendam kacang tolo (saya rendam malam, pagi dimasak) supaya empuk. Kemudian saya rebus sebentar
  2. Haluskan semua bumbu, kecuali lengkuas dan daun salam hanya saya geprek saja
  3. Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus sampai agak matang
  4. Masukkan kacang tolo, tumis sebentar
  5. Tambahkan air, dan santan aduk terus jangan sampai santan pecah dan tidak bersatu
  6. Jika sudah matang, masukkan kerupuk kulit dan cabai rawit jowo, Masak sampai layu

 

Manfaat Krecek Kerupuk Kulit

1. Baik Untuk Pertumbuhan Tulang

Manfaat mengonsumsi kerupuk kulit yaitu baik untuk pertumbuhan tulang. Meskipun hanya berupa makanan ringan, namun kerupuk kulit ini mempunyai kandungan protein hewani cukup tinggi,

misalnya kalsium dan fosfor. Kandungan kalsium serta fosfor sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi mengonsumsi kerupuk kulit sangat bermanfaat bagi yang masih dalam masa pertumbuhan.

 

2. Menambah Cadangan Energi

Kerupuk kulit juga dapat membantu menambah cadangan energi . Mengonsumsi kerupuk kulit pada pagi atau siang hari lebih baik karena bermanfaat sebagai penambah cadangan energi.

Kandungan protein hewani di dalamnya dapat berfungsi untuk menyimpan energi cadangan dalam tubuh, sehingga dapat membantu aktivitas harian.

 

3. Kaya Akan Protein

Kerupuk kulit merupakan salah satu produk hewani. Salah satu kandungan gizi yang penting, yang ada pada makanan kerupuk kulit ini adalah kandungan proteinnya yang tinggi.

Protein memiliki banyak manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah baik untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh.

Protein  sangat bermanfaat bagi tubuh seperti memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu pertumbuhan.

 

4. Baik Untuk Pencernaan

Kerupuk kulit yang dibuat dengan kulit hewan mengandung serat yang  tinggi. Serat ini berperan penting dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi sulit BAB. Jadi mengonsumsi kerupuk kulit setelah makan cukup baik bagi sistem pencernaan.

 

5. Rendah Kalori

Kerupuk kulit juga bisa dijadikan camilan ketika diet. Ketika  sedang menjalani program diet, kerupuk kulit merupakan salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi.

Kerupuk kulit ternyata rendah kalori, sehingga mengonsumsinya tidak akan menimbulkan kegemukan dan cocok dijadikan sebagai pendamping diet.

 

6. Penawar Rasa Pedas

Manfaat kerupuk kulit selanjutnya yaitu dapat dijadikan sebagai penawar rasa pedas. Kerupuk kulit mengandung minyak alami yang berasal dari kulit hewan,

Yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa pedas di lidah. Sehingga lebih baik makan kerupuk kulit untuk menghilangkan pedas dari pada meminum banyak air putih.

 

7. Dapat Mengobati Maag

Manfaat kerupuk kulit pertama yaitu dapat mengobati sakit maag.  Kerupuk kulit dapat dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat gangguan maag.

Apabila  sering mengalami gejala maag, maka dapat dicoba untuk mengkonsumsi kerupuk kulit setiap gejala tersebut muncul.

Dengan mengonsumsi kerupuk kulit, maka rasa sakit dan juga perih pada lambung  dapat hilang dan teratasi tanpa perlu mengonsumsi obat.

 

Kamu juga dapat menggunakan hand sealer untuk menyimpan krecek kerupuk ini dalam kemasan