cara membuat konsentrat

Cara Membuat Konsentrat Sapi

Posted on

Berikut ini cara membuat konsentrat sapi yang bisa membantu anda dalam urusan peternakan hewan khususnya sapi, yuk langsung aja simak ulasan berikut

Konsentrat Adalah

Konsentrat adalah suatu bentuk zat dengan sebagian besar komponen dasar (dalam hal cairan: pelarut) dihilangkan. Biasanya ini adalah penghilangan air dari larutan atau suspensi, seperti menghilangkan air dari jus buah. Salah satu manfaat pembuatan konsentrat adalah pengurangan berat dan volume untuk pengiriman, karena konsentrat dapat dibentuk kembali selama digunakan dengan penambahan pelarut.

Konsentrat adalah bahan pakan yang digunakan dengan bahan pakan lain untuk meningkatkan kompatibilitas nutrisi seluruh pakan dan dimaksudkan untuk digabungkan dan dicampur sebagai suplemen pakan (Hartadi et al., 1991). Biji-bijian dan hasil samping industri pangan seperti tepung jagung, bungkil kedelai, bubur jagung, dedak, dedak, tepung kelapa, permen dan umbi-umbian dapat diolah menjadi konsentrat atau konsentrat. Peran konsentrat adalah untuk meningkatkan kadar nutrisi yang rendah untuk memenuhi kebutuhan normal hewan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat (Akoso, 1996). Penambahan

konsentrat pada ransum ternak merupakan upaya pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk mencapai produksi yang tinggi. Selain itu, penggunaan konsentrat dapat meningkatkan kecernaan ransum bahan kering, meningkatkan bobot badan dan memungkinkan penggunaan ransum yang efisien (Holcomb et al., 1984).Pakan konsentrat sendiri merupakan pakan dengan kandungan serat kasar yang rendah. Nutrisi utama dalam pakan konsentrat adalah energi dan protein. Konsentrat ternak berguna untuk meningkatkan kualitas nutrisi pakan

untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ternak. Fungsi konsentrat antara lain sebagai sumber energi dan sumber protein bagi ternak; meningkatkan kandungan nutrisi pakan; menambah bobot badan ternak; makan menjadi lebih efisien; memenuhi kebutuhan ternak tidak hanya dari tumbuhan tetapi juga dari hewan; efektif untuk fase pertumbuhan dan produksi; Selain unggas, juga digunakan untuk masa kehamilan dan selama menyusui untuk ibu.

Cara Membuat Konsentrat Sapi

Konsentrat diberikan sebagai pakan penguat untuk sapi potong, sapi perah dan domba/kambing selain pakan utama berupa rumput. Untuk domba berumur 5 bulan, 2 ons konsentrat per hari. Sedangkan tarif yang lebih tua telah meningkat menjadi 0,25-0,3 kg/hari. Atau ukuran konsentrat ini adalah 1-2% dari berat sapi hidup. Pemberian konsentrat ini dilakukan sekali sehari pada pagi hari sebelum pemberian gulma. Dengan cara ini, bobot domba bisa mencapai rata-rata 100 gram/ekor/hari. Namun, perlu dicatat bahwa resep di atas masih belum lengkap. Untuk mencapai penambahan berat badan yang baik, komposisi konsentrat harus mengandung unsur protein

Komposisi

  • dedak halus 75%
  • jagung giling 10%
  • konsentrat ayam kampung  10%
  • kalsium 2%
  • garam dapur 2%,
  • tetes tebu 1 %
  • onggok 20%
  • jagung giling 8,1%
  • garam dapur 1,4%
  • kalsium 0,5%.

Dari resep di atas anda tinggal mencampurkanya ke dalam wadah besar dan masukan juga air.

Resep ini bisa menambah bobot sapi hingga dua kali lipat dari resep pertama. Selama persiapan, semua bahan harus dalam keadaan lunak agar tercampur dengan baik. Bahan tersebut kemudian dicampur dalam wadah dan diaduk hingga merata. Bahan yang tercampur rata disebut konsentrat dan siap untuk pakan ternak. Konsentrasi yang akan diberikan harus dipilih agar dapat habis dalam sekali makan. Sebelum memberikan konsentrat, air ditambahkan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan kental. Selain pakan konsentrat, beberapa peternak lain mencoba membuat silase. Pembuatan silase melibatkan proses fermentasi bakteri anaerob. Sedangkan bahan bakunya adalah daun jagung yang dicampur dengan kulit nanas, singkong dan kacang-kacangan.

Unsur Yang Harus Ada Dalam Konsentrat

Yang pertama adalah sumber karbohidrat, karbohidrat ini berasal dari tepung, umbi-umbian dan serat kasar. Namun, serat kasar harus dibatasi karena jika terlalu banyak akan membutuhkan lebih banyak energi untuk diproses oleh ternak. Untuk sumber karbohidrat, gunakan polar. Pollar tidak hanya mengandung karbohidrat, tetapi juga sumber protein yang tinggi. Jika tidak ada pollar, Anda bisa menggunakan dedak. Kandungan protein dalam Pollar sekitar 14-16%. Sumber karbohidrat kedua adalah tepung biskuit, hanya saja kandungan proteinnya lebih rendah, hanya sekitar 3% sisanya adalah karbohidrat.

Sementara sumber seratnya kita dapatkan dari tumpi jagung, tumpi jagung ini berasal dari jagung giling yang sudah direbus. Sumber serat lainnya adalah kulit kopi. Meski menjadi sumber serat, kandungan proteinnya masih cukup tinggi, sekitar 10-12%. Kedua adalah protein, protein ini diolah menjadi daging. Kandungan protein minimum untuk pakan penggemukan adalah 13%.Sumber protein pertama adalah bungkil kelapa sawit, yang diperoleh dari ekstraksi minyak inti sawit. Selain sebagai sumber protein, bungkil kelapa sawit juga mengandung lemak ikan. Kandungan protein bungkil kelapa sawit sekitar 14-16%. Kemudian sumber protein kedua adalah ampas tahu.

Ketiga adalah sumber mineral dan vitamin. Mineral dan vitamin tersebut kita peroleh dengan menambahkan bahan mineral, sedangkan vitamin bisa didapatkan dari pakan segar. Jika Anda tidak bisa mendapatkan pakan segar, Anda bisa menambahkan campuran tersebut ke pakan ternak. Sedangkan sumber mineral bisa menggunakan premix. Mengandung sumber mineral dan vitamin. Aromanya khas dari aroma susu karena bahan dasar premix ini adalah susu. Kemudian bahan tambahan yang kita butuhkan untuk proses fermentasi adalah garam, tetes tebu dan probiotik. Sebagai fermentor kami menggunakan EM4, yang ditambahkan ke molase. Probiotik dicampur dengan molase, perbandingannya sekitar 1:10 – 1:20. Molase dapat diencerkan dengan air, air kelapa, air dedak, dan air cucian beras.

Itulah cara membuat konsentrat sapi yang bisa membantu anda dalam beternak dan jika anda ingin lebih mudah lagi dalam mencari rumput untuk pakan ternak saya sangat sarankan untuk membeli alat pencacah rumput yang bisa anda dapatkan di cv rumah mesin karena sudah sangat sesuai dan baik kualitasnya dan sudah standar nasional indonesia, sekian artikel pada kali ini semoga bermanfaat.