Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih

Beginilah Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih

Posted on

Hallo teman-temanku, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep-resep dan juga cara membuat keripik singkong renyah dan gurih dengan rasa yang bikin ngiler bagi siapa saja yang melihat makanan nikmat dan juga sehat yang satu ini.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan keripik singkong ini, makanan yang memiliki cita rasa yang sangat khas dan juga cara pengolahannya jauh lebih mudah dibandingkan deengan resep-resep yang lainnya, sangat cocok untuk dimakan ketika kamu lagi gabut nih.

Oleh karena itu, kalian harus mencoba resep-resep yang saya bagikan kali ini agar kalian bisa merasakan makanan yang memiliki sensasi menenangkan dan juga memiliki cita rasa yang bikin mood kamu kembali, jadi jangan lupa untuk mencobanya sendiri ya guys.

 

Pengertian Keripik Singkong

Keripik ingkong adalah makanan tradisional yang sudah ada dari zaman dahulu hingga zaman sekarang. Makanan ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan kegurihannya yang sangat melting dimulut sehingga sangat tidak diragukan dengan rasanya.

Makanan ini memiliki berbagai macam jenis-jenis varian rasa yang bikin kalian ingin mencobanya satu-satu bahkan seekarang para penjual sudah menciptakan rasa dari keripik ini dengan resep dan juga rasa yang baru, yang pasti rasanya gak akan mengecewakan deh.

Keripik singkong sudah terkenal dan juga populer sejak zaaman dahulu hingga zaman sekarang sehingga jangan heran jika banyak yang menjual makanan tradisional yang satu ini dijalanan aataupun disupermarket sebagai makanan oleh-oleh bagi pengunjung.

Namun kalau dibilang enak sih ya enak, cuma kadang ada saja teksturnya yang sudah mlempem atau nggak enak rasanya jika kalian membelinya secara asal-asalan dan tidak mengeceknya terlebih dahulu sebelum kalian membeli makanan yang lezat satu ini.

Maka dari itu, dari pada kalian kecewa denga rasa keripik singkong yang kalian beli mahal-mahal mending kalian membuatnya sendiri aja deh dirumah kalian dan bisa memfariasikan rasa yang kalian inginkan dan kalian nanti-nantikan, mana tau kamu menciptakan rasa yang baru.

 

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih Bikinan Rumahan

cara membuat keripik singkong renyah dan gurih

1. Keripik Singkong Renyah dan Gurih Original

Bahan-Bahan :

  • 2 kg singkong (jangan lupa bersihkan kulitnya, kupas-kupas kemudian iris secara tipis)

Bahan Tambahan :

  • 2 sendok teh baking soda
  • 1 liter air panas (jangan air yang baru kali kalian didihkan)
  • 1 sendok teh garam, sesuai selera
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih Original :

  1. Ambil semua bahan yang akan kalian gunakan, Potong-potong singkong setipis mungkin, cuci singkong hingga benar-benar bersih.
  2. Buatlah bahan reendaman, air panasnya jangan yang baru didihkan, masukkan ggaram dan baking soda. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur merata.
  3. Jika sudah kalian masukkan singkong kedalam bahan rendaman yang sudah kalian bikin sebelumnya, rendamkan singkong selama kurang lebih setengah jam atau 45 menitan saja biar bumbunya meresap.
  4. Kalau sudah direndam, ngkat dan tiriskan menggunakan penirisan air. kemudian kaliaan bersihkan singkong yang telah direndam menggunakan air yang mengalir. Tiriskan lagi ya guys.
  5. Siapkan wajan yang akan kalian gunakan, tuangkan minyak goreng, nyalakan api kompor hingga suhunya panas. kemudian goreng singkong kedalam minyak goreng yang penuh.
  6. Aduk-aduk hingga semuanya matang secara merata dan warnanya berganti menjadi sedikit kecoklatan. jika sudah matang, taburkan bumbu yang sudah kalian buat sebelumnya. Aduk-aduk hingga benar-benar merata.
  7. Keripik singkong siap disajikan dan juga dihidangkan bersama keluarga kalian ataupun bersama teman-teman kalian.

Nah jadi seperti itu guys resep dan juga cara membvuat keripik singkong yang bisa kalian coba dan kalian praktikkan, saya jamin rasanya akan sangat nikmat dan bikin kalian ketagihan. Kamu bisa menggunakan mesin singkong multifungsi untuk mempercepat.

Untuk resep selanjutnya saya akan membagikan resep dan juga cara membuat keripik singkong yang belujm pernah kalian temukan dan juga kalian coba, jika kalian penasaran kalian harus mengikuti resep selanjutnya ya, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

2. Keripik Singkong Renyah Dan Gurih Campur Bumbu Balado Biji Wijen

Bahan-Bahan :

  • 2 kg singkong, iris tipis-tipis
  • 1 sendok teh kapur sirih, larutkan dalam Air mineral
  • 150 ml air mineral yang bersih

Bahan Halus :

  • 5  siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah besar
  • 9 buah cabai merah
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh asam jawa, dilarutkan dengan 2 sdm air
  • Minyak goreng secukupnya
  • Wijen secukupnya, sesuai selera

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih Campur Bumbu Balado Biji Wijen :

  1. Siapkan semua bahan yang akan kalian olahkan, kemudian rendamkan singkong kedalam larutan air kapur sirih yang sudah kalian buat sebelumnya, masukkan garam dan juga air mineral. Diamkan selama 30 menit, jika sudah direndam cuci hingga bersih.
  2. Tiriskan singkong yang sudah dicuci, siapkan alat penggorengan, masukkan singkong kedalam minyak yang panas, tunggu hingga matang dan juga teksturnya menjadi kering matang sempurna.
  3. Jika sudah tumiskan bawang putih, garam secukupnya, dan cabe merah kedalam masakan, aduk-aduk hingga tercium wangi yang sangat harum semerbak.
  4. Masukkan garam sesuai selera, gula pasir, dan juga masukkan air asam jawwa. Aduk-aduk hingga semuanya mengental.
  5. Tambahkan singkong yang sudah kalian goreng, aduk-aduk manja hingga semuanya tercampur sempurna. Jangan lupa untuk cicip rasanyaa untuk koreksi rasa.
  6. Jika sudah terasa pas kalian bisa angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  7. Kalau sudah dingin masukkan kedalam toples yang sudah kalian bersihkaan dan kalian siapkan sebelumnya, tutup toples agar tidak ada udara yang masuk.
  8. Kalian juga bisa memakannya secara langsung bersama keluargsa, saudara dan juga teman-teman kalian yang tercinta.

Nah jadi seperti itu guys resep dan juga cara membuat keripik singkong Renyah Dan Gurih Campur Bumbu Balado Biji Wijen yang bisa sya sampaikaan kepada kalian semua. Butuh berbagai alat dan mesin? kalian bisa mengeceknya diweb Rumah Mesin yuk.

Untuk resep yang terakhir saya akan membagikan resp keripik singkong yang rasanya akan sangat mengejutkan dan juga bikinn kalian jatuh cinta dengan rasa yang dihasilkan, kuy kuy kita pelajarin cara membuat keripik singkong yang saya bagikan ini.

3. Keripik Singkong Renyah Dan Gurih Taburan Keju

Bahan-Bahan :

  • 1 kilogram singkong, kupas
  • 2 sendok teh garam halus
  • Minyak goreng secukupnya saja guys
  • Merica bubuk secukupnya
  • Bumbu tabur sesuai selera masing-masing
  • 2 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok makan gula bubuk
  • 3 sendok makan keju bubuk Asin Manis

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih Taburan Keju :

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang akan kalian gunakan ya guys, kupas kulit singkong terlebih dahulu, cuci singkong lalu Potong-potong singkong secara melintang tipis-tipis dengan alat serutan.
  2. Rendamkan ke dalam air yang panas, bumbui dengan menggunakan garam. Sisihkan singkong selama 30 menit. Tiriskan terlebih dahulu, keringkan dengan menggunakan tisu dapur hingga benar-benar kering.
  3. Panaskan minyak goreng yang sangat banyak ke dalam  permukaan wajan, masukkan singkong secara perlahan agar tidak lengket. Goreng dengan api yang sedang hingga singkongnya berwarna kekuningan dan teksturnya renyah, angkat dan tiriskan. Lalu, taruh di atas nampan.
  4. Sangrai bawang putih bubuk dan garam, angkat dan tiriskan, keluarkan dari penggorengan wajan, taruh kedalam mangkuk. Tambahkan merica, gula bubuk, dan keju bubuk, aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata.
  5. Tuangkan keripik singkong ke dalam mangkuk besar, taburkan menggunakan bumbu tabur. Kocok-kocok mangkuknya hingga semua singkong terlumuri bumbu yang sudah kalian masukkan.
  6. Keripik singkong keju siap untuk dinikmati dan disajikan untuk keluarga kalian ataupun untuk teman-teman kalian yang menyukainya.

Nah jadi sperti itulah beberapa resep dan juga cara membuat keripik singkong yang rasanya snagat nikmat dan juga bikin kalian ingin menambahnya terus menerus, jadi jangan ragu untuk mencoba membuatnya ya guys, saya jamin kalian akan ketagihan,

 

Manfaat Keripik Singkong Untuk Kesehatan Manusia

1. Bisa Mengendalikan Diabetes Pada Tubuh Manusia

Kandungan keripik singkong yang pertama adalah dapat membantu mengandalikan penyakit diabetes. Kandungan serat yang ada di dalamnya memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah sehingga dapat mengontrol diabetes.

Jadi jika kamu ingin memeiliki kandungan yang sangat bagus untuk tubuh, maka konsumsilah makanan yang mengandung bahan dasar berupa singkong yang sangat bagus untuk tubuh manusia ddan bisa menciptakan makanan yang lezat.

2. Bisa Meencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Jika kamu adalah salah satu penderita penyakit jantung maka kamu dapat mencegahnya dengan mengkonsumsikan keripik singkong. Hal ini disebabkan kandungan sumber serat yang terdapat di dalamnya dapat menjaga kesehatan jantung yang ada didalam tubuh.

Sehingga kamu bisa mencegah dari resiko penyakit jantung yang berbahaya. Jika kamu memang penderita penyakit jantung maka kamu bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi keripik singkong, karena singkong bisa mencegahnya dengan baik.

3. Dapat Mengencangkan Dan Menguatkan Tulang Manusia

Tulang memiliki fungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari berbagai macam benturan benda tumpul. Untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan  kuat bisa dilakukan dengan mengkonsumsi keripik singkong yang sangat bagus untuk tubuh manusia.

Kandungan vitamin K yang berada di dalamnya memiliki fungsi untuk membangun kekuatan tulang sehingga tulang kamu akan tetap menjadi kuat dan juga selalu memiliki tulang yang sehat.

Nah jadi seperrti itu saja ya guys beberapa resep dan juga cara membuat keripik singkong renyah dan gurih yang bisa kalian coba dan juga kalian praktikkan dirumah kalian masing-masing. Yuk kita buat keripik singkong ini deengn mudah dan praktis, selamat mencoba.