cara membuat keripik pisang rasa susu

Inilah Beberapa Cara Membuat Keripik Pisang Rasa Susu Yang Nikmat

Posted on

Hallo teman-temanku, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep dan juga cara membuat keripik pisang rasa susu yang rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan bagi siapa saja yang mencobainya, jadi jangan ragu untuk mencoba membuatnya.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan makanan nikmat yang satu ini, makanan yang memiliki cita rasa yang sangat gurih dan rasa dari pisangnya yang sangat renyah sehingga sangat cocok untuk menemani kamu ketika kamu sedang nonton film atau sedang gabut.

Oleh karena itu, saya akan membagikan beberapa resep dan juga cara membuat keripik pisang rasa susu yang bisa kalian coba dan juga kalian nikmati bareng keluarga kalian ataupun teman-teman kerja kalian. Jadi jangan ragu untuk mencoba mengolahnya ya.

 

Pengertian Keripik Pisang

Keripik pisang adalah salah satu makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu hingga zaman sekarang, makanan ini terbuat dari bahan dasar berupa pisang yang diolah menjadi keripik dan diberi rasa yang sangat macam-macam.

Makanan ini sering disajikan ketika ada acara-acara kerajaan yang sangat suka dengan makanan yang terbuatt dari olahan pisang, pada saat itu keripik pisang hanya bisa  dimakan oleh orang kalangan atas seperti raja-raja, bangsawan dan juga anak raja.

Namun siring perkembangan zaman, keripik pisang sudah bisa dikonsumsikan oleh semua masyarakat sehingga banyak sekali yang menyukai makanan nikmat yang satu ini, jadi jangan heran jika masyarakat indonesia banyak yang mengetahui makanan ini.

Banyak juga peminat dari makanan ini, hampir 90% masyarakat indonesia menyukai hidangan tradisional ini karena rasanya yang sangat unik dan yang pasti bikin ketagihan bagi siapa saja yang sudah mencobai makanan gurih yang satu ini.

Oleh karena itu, saya akan membagikan kepada kalian tentang resep dan juga cara membuat keripik pisan rasa susu yang bisa kalian cobai dan kalian praktekkan dirumah kalian masing-masing. Saya jamin rasanya akan sangat gurih dan ingin menambah terus.

 

Cara Membuat Keripik Pisang Rasa Susu

cara membuat keripik pisang rasa susu original

1. Keripik Pisang Rasa Susu Original

Bahan-Bahan :

  • 2 buah pisang kepok yang setengah matang
  • 15 butir bawang putih, dihaluskan terlebih dahulu
  • 2 liter air mineral
  • 1 sendok makan gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • 2 sendok makan Kapur sirih
  • Susu bubuk untuk taburan

Cara Membuat Keripik Pisang Rasa Susu Original :

  1. Siapkan semua alat dan juga bahan-bahan yang akan digunakan, ambil baskom dengan ukuran besar, masukan air 2 liter kedalam baskom, bawang putih yang sudah kalian dihaluskan, gula pasir, garam dan kapur sirih.
  2. Jika sudah dimasukkan, aduk-aduk hingga semuanya tercampur menjadi satu, suisihkan terlebih dahulu.
  3. Kupas seluruh pisang kepok, kemudian potong-potong pisang dengan menggunakan pisau yang tajam. Usahakan untuk ukuran ketebalannya sama ya, agar pas digoreng matangnya merata dan juga berwarna sedikit kecoklatan.
  4. Masukkan pisang kepok yang sudah dipotong tadi kedalam air rendaman bumbu yang sudah kalian buat. Diamkan pisang selama kurang lebih 30-1 jam.
  5. Siapkan wajan beserta minyak gorng, panaskan minyak goreng dengan jumlah yang banyak, kemudian goreng pisang yang sudah ditiriskan dari air rendaman tadi. Goreng sedikit demi sedikit agar bentuk pisangnya tidak hancur dan keriting.
  6. Goreng keripik pisang hingga berwarna kecoklatan atau golden brown dan teksturnya benar-benar renyah. Angkat dan tiriskan menggunakan mesin penyaring minyak agar lebih kering dan tuntas minyaknya.
  7. Jika sudah kering taburkan suus bubuk lalu aduk-aduk hingga merata, keripik pisang siap disajikan dan juga disantap bareng keluarga kamu atau teman-teman kamu.

Nah jadi seperti itu guys beberapa resep dan juga cara membuat keripik pisang rasa susu original yang bisa kalian coba dan juga kalian praktikkan dirumah kalian masing-masing, saya jamin rasnya akannikmat dan gurih manis. Jika butuh mesin kamu bis amembelinya diweb Rumah Mesin.

Untuk resep selanjutnya saya akan membagikan resep dan juga cara membuat keripik pisang rasa susu yang rasanya snagat nikmat dan bikin kalian ingin menaambahnya terus menerus, saya jamin kalian akan suka dengan resep yang saya bgaikan kali ini, yuk kita pelajari caranya.

2. Keripik Pisang Rasa Susu Keju Yang krispy

Bahan-Bahan :

  • 1 liter air mineral bersih
  • Bumbu bubuk rasa keju secukupnya
  • 15 buah pisang ambon
  • Bubuk rasa susu secukupnya
  • Keju parut secukupnya
  • 1 sendok teh kapur sirih
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Pisang Rasa Susu Keju Yang krispy:

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan, kupas semua kulit pisang yang akan digunakan, kemudian potong-potong secara tipis.
  2. Tuangkan air kedalam wadah baskom, masukkan kapur sirih kedalamnya. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur merata.
  3. Masukkan danrendam pisang selama satu jam di air kapur sirih, jika sudah angkat dan tiriskan terlebih dahulu. lalu letakkan kedalam wadah yang kering lainnya, taburkan garam. Aduk-aduk kembali hingga tercampur rata.
  4. Siapkan wajan beserta minyak goreng kedaalamnya, panaskan minyak goreng. Masukkan adonan pisang kedalam minyak goreng dengan api kompor ukuran sedang, tunggu hingga warnanya sudah kecoklatan.
  5. Jika sudah kecoklatan angkat dan tiriskan terlebih dahulu agar minyaknya tidak menempel dikeripiknya.
  6. Siapkan wadah yang akan digunakan, masukkan pisang kedalam wadah lalu taburkan dengan bubuk susu dan keju. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  7. Jika sudah tutup wadah agar teksturnya tidak mlempem dan tetap kriyuk-kriyuk.
  8. Kalau sudah bisa kalian makan bersama keluarga kalian atau bisa dijual ditoko-toko yang tertarik dengan keripik pisang.

Nah jadi sepertiitu ya guys beberapa resep dan juga cara membuat keripik pisang rasa susu keju yang bisa kalian coba dan kalian bikin dirumah kalian masing-masing, saya jamin rasanya akan snagat nikmat dan bikin kalianingin menambahnya terus.

 

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Manusia

1. Sebagai Sumber Energi Untuk Tubuh

Kandungan yang terdapat pada pisang adalah kandungan karbohidrat, kandungan tersebut memiliki manfaat sebagai sumber energi pad atubuh manusia sehingga sangat bagus untuk kamu yang sedang melakukan aktivitas yang cukup berat agar tidak mudah capek dan juga lelah.

Maka dari itu kamu wajib mengkonsumsi buah pisang atau olahan makanan yang mengandug pisang sebelum melakukan aktivitas harianmu, agar tubuhmu tidk mudah cepat lelah dan letih, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi pisang sesuai kebutuhna tubuh kamu ya.

2. Dapat Membantu Mencegah Terjadinya Penyakit Ginjal

Kandungan yang terdapat pada buah pisang adalah kandungan kalium yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan ginja sehingga sangat bagus untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Jadi konsumsilah buah pisang atau keripik pisang ini agar kamu tida terserang resiko penyakit ginjal yang sangat ditakuti oleh seluruh masyarakat Didunia ini. Jadi yuk konsumsi makanan yang mengandung banyak sekali manfaat seperti pisang ini.

 

Tips Dan Trik Cara Membuat Keripik Pisang Rasa Susu

Jika kalian ingin membuat keripik pisang kalian harus memperhatikan kualitas dari buah pisang tersebut, jika kalian memilih kualitas yang terbaik maka ras ayang dihasilkan akan jauh lebih nikat dibandingak dengan menggunakan bahan yang tidak layak.

Maka dari itu kalian wajib memperhatikan kualitas dari bahan-bahannya agar kalian bisa mendapakan rasa keripik pisang yang snagat nikmat dan gurih sehingga keluarga kalian akan suka dengan makanan yang telah kalian coba membuatnya dirumah.

Nah jadi seperti itu ya teman-teman beberapa informasi dan juga resep membuat keripik pisang rasa susu yang bisa kalian coba dan juga snagat wajib kalian praktikkan dirumah kalian masing-masing. Saya pastikan kalian akan berhasil membuatnya, sekian dan terimakasih.