cara membuat keripik jagung

Cara Membuat Keripik Jagung Yang Gurih dan Renyah

Posted on

Keripik menjadi menu camilan dengan penggemar terbanyak dengan tekstur kerupuk yang renyah dan gurih. Siapa pun tidak akan melewatkan kelezatan dari keripik ini, apalagi jika keripik dibuat dari bahan jagung. Olahan keripik jagung ini memang digemari semua kalangan baik anak kecil hingga orang tua suka dengan keripik jagung. Cara membuat keripik jagung tidak sulit anda dapat membuatnya dirumah. Permintaan akan keripik jagung pun begitu besar sehingga banyak pengusaha yang tertarik untuk menjalankan usaha keripik jagung. Varian dari keripik jagung ini juga semakin banyak, mulai dari emping jagung, marning jagung, keripik jagung berbumbu dan sebagainya.

Jagung menjadi bahan baku yang selalu dibutuhkan sehingga hampir semua petani menanam jagung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi selain bisa dibuat keripik  jagung bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat. Beberapa contoh makanan yang bisa dibuat dari bahan jagung ialah sup jagung, pudding jagung, nasi jagung, keripik jagung, popcorn, brondong jagung dan sebagainya. Salah satu makanan yang banyak dicari dari bahan jagung ini sudah pasti keripik jagung. Keripik jagung yang renyah ini mampu membuat ketagihan.

Banyak yang tertarik untuk mencoba membuat sendiri keripik jagung  dan sebenarnya cara membuat keripik jagung cukup mudah, siapa saja bisa membuatnya. Namun untuk bisa mengolah keripik jagung sebaiknya harus mengetahui prosesnya dengan baik agar kandungan gizi yang terdapat pada keripik jagung tidak hilang. Sebelum mengetahui proses pembuatan keripik  jagung akan lebih baik jika mengetahui manfaat baik dari jagung. Anda dapat juga membeli mesin perontok jagung di website Rumah Mesin agar merontokkan jagung lebih mudah dan cepat.

 

Manfaat Jagung

Jagung memiliki banyak sekali kandungan gizi dan bermanfaat bagi tubuh, sehingga jangan sepelekan jagung yang memilikik banyak manfaat ini.

  • Sumber Vitamin

Jagung ini merupakan sumber vitamin yang baik seperti vitamin B khususnya Niacin dan Thiamin yang penting untuk menjaga saraf dan fungsi kognitif. Jagung sangat tepat dikonsumsi oleh para penderita kekurangan gizi. Jagung menjadi sumber protein, lemak dan karbohidrat, selain itu biji jagung juga memiliki vitamin E yang digunakan sebagai antioksidan alami penting untuk perlindungan dan pertumbuhan.

  • Sumber Kalori

Jagung kaya kalori sehingga jagung dijadikan makanan pokok, kandyngan kalori pada jagung ini menjadi salah satu sereal tinggi. Dengan mengkonsumsi jagung maka berat badan akan naik dengan cepat. Sangat sesuai dikonsumsi bagi yang ingin menaikan berat badan.

  • Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B12 dan asam folat pada jagung mampu mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin. Jagung mempunyai zat besi tinggi dan bisa menjadi salah satu mineral penting berguna untuk membentuk sel darah merah baru. Sehingga jagung ini dapat digunakan untuk mencegah anemia.

  • Kaya Mineral

Jagung ini memiliki kandungan mineral yang melimpah serta menguntungkan bagi tubuh. Mineral pada jagung misalnya selenium yang sangat sulit ditemukan pada jenis makanan lainnya. Memiliki kandungan fosfor, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi. Kandungan fosfor dalam jagung penting untuk mengatur pertumbuhan, untuk kesehatan tulang dan untuk fungsi ginjal yang optimal. Kandungan magnesium dibutuhkan untuk menjaga detak jantung normal dan bisa meningkatkan kekuatan tulang.

Selain manfaat yang telah disampaikan diatas sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat penting jagung bagi kesehatan. Dengan adanya kandungan gizi yang tinggi dari jagung maka akan lebih baik jika memanfaatkan jagung sebaik mungkin untuk mendapatkan hidup sehat.

Mengolah jagung bisa dengan berbagai macam misalnya membuat jagung menjadi keripik jagung yang lezat. Cara membuat keripik jagung yang renyah dan enak ternyata sangat mudah, jadi untuk mengetahuinya silahkan simak resep berikut :

 

Resep Keripik Jagung

1. Keripik Jagung Pedas

Cara Membuat Keripik Jagung Aneka Rasa yang Gurih dan Renyah

Bahan-Bahan :

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram jagung manis pipil,rebus lalu haluskan
  • 50 gram tepung maizena
  • ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh baking soda
  • 3 buah cabe merah, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 batang seledri, cincang
  • 25 gram margarine
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Keripik Jagung Pedas :

  1. Campurkan bahan tepung terigu dengan tepung maizena tambahi juga kaldu ayam bubuk, baking soda, garam serta merica bubuk, aduklah sampai merata.
  2. Apabila sudah masukan jagung halus, telur ayam, bawang putih, cabe merah, seledri, dan margarine aduklah hingga merata.
  3. Giling adonan dengan cara menggiling mie sampai membentuk lembaran tipis. Kemudian cetak dengan menggunakan cetakan kukis bentuk bulat bergerigih, jika sudah taburi dengan tepung terigu  supaya tidak lengket satu sama lain.
  4. Goreng keripik jagung pedas ini maka gunakan minyak yang banyak sampai matang kuning kecokeltan kemudian angkat dan tiriskan serta keripik jagung pedas siap untuk di sajikan.

Baca Juga : Mesin Perontok Jagung Agar Lebih Praktis dan Efesien

 

2. Keripik Jagung Keju

Resep Keripik Jagung Tortilla Enak dan Sederhana - N340

Bahan-Bahan :

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram tepung maizena
  • 30 gram keju cheddar parut
  • 75 gram jagung manis pipil rebus yang dihaluskan
  • ½ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • ½ sendok teh garam
  • 30 gram margarine 30 gram

Cara Membuat Keripik Jagung Keju :

  1. Pembuatan keripik jagung ini yaitu dengan mencampurkan bahan tepung terigu, tepung maizena, keju, jagung manis, kaldu ayam bubuk, margarine dan garam.
  2. Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur dengan merata.
  3. Adonan yang telah jadi ini kemudian dimasukan dalam mesin giling daging. Giling adonan dari gilingan paling tebal dan ulangi sampai 3 kali gilingan. Kemudian ganti gilingan menjadi nomor 3 dan begitu seterusnya sampai adonan ini menjadi halus dan sampai pada gilingan nomor 8.
  4. Potonglah adonan keripik jagung ini dengan cetakan bergerigi dengan ukuran 10 x 1 ½ cm atua sesuai dengan selera.
  5. JIka sudah maka goreng adonan keripik jagung yang telah dicetak dalam minyak goreng yang telah dipanaskan. Goreng sampai matang kecoklatan. Jika sudah angkat dan tiriskan.