cara membuat foam susu manual

Cara Membuat Foam Susu Manual yang Enak dan Mudah Dicoba!!!

Posted on

Assalamualakum Wr. Wb. saya akan membahas tentang cara bikin foam susu. Sebelum saya berfokus untuk membahas ini, kita juga memerlukan beberapa ulasan. Berikut pengertian penjelaskan lattle dan resep membuat foam susu.

Anyway, Jika anda ingin membuat foam susu jangan anda sekali-kali sepele dengan jenis susu yang ingin anda gunakan karena saat membuat susu dapat mempengaruhi berdampak besar pada hasil akhir:

  1. Susu tanpa lemak: Merupakan susu yang cukup mudah diolah menjadi foam, tetapi susu ini memiliki rasa sangat tidak enak jika anda mencampuranya ke dalam kopi.
  2. Susu rendah lemak : Jenis susu kali ini cukup sempurna jika anda ingin mengolahnya menjadi foam susu, karena susu ini mudah berbusa, kandungan lemak rendah , dan akan membuat kopi terasa lebih enak.
  3. Whole milk atau Susu murni : Jenis susu yang terakhir yaitu susu murni, jika anda sedang mencoba membuat foam susu dan anda menggunakan jenis susu ini akan menjadi sebuah tantangan, karena jenis susu ini memiliki rasa yang enak dan mengandung lemak yang paling banyak.

Cara Membuat Foam Susu Original

cara membuat foam susu manual

  1. Langkah pertama yaitu, isi toples dengan susu yang sudah disiapkan tadi.
  2. Langkah selanjutnya adalah sisakan ruang dalam toples dan isilah dengan susu jangan terlalu penuh agar ada ruang untuk gelembung.
  3. Setelah itu tutuplah toples, kemudian kocok toples hingga susu mengeluarkan busa atau gelembung.
  4. Jika susu sudah mengeluarkan gelembung buka toples, lalu masukkan toples ke dalam microwave kira-kira 30 detik,
  5. Proses yang akan terjadi foam akan naik ke atas sedikit melebihi toples, dan panas yang sidapat dari microwave akan membuatnya menjadi stabil.
  6. Jika foam susu anda buat sudah jadi, lalu tuangkan ke dalam kopi anda dengan mengaduknya menggunakan sendok secara perlahan.
  7. Jika anda memiliki mesin pembuat kopi, anda bisa memanfaatkannya untuk membuat cappucino yang tentunya hasilnya akan lebih baik. Karena foam susu akan lebih sempurnna.

Cara Membuat Foam Susu Manual

cara membuat foam susu manual

Dengan artikel ini, kami akan menjelaskan tentang foam susu dan juga cara membuat busa susu. Mari kita cari tahu seperti apa foam susu itu? Dengan foam susu ini, anda bisa menggunakan fom susu. Dengan menggunakan mesin ini, para pecinta kopi bisa membuat latte atau cappuccino tanpa harus memiliki espresso yang pastinya lebih mahal.

Dengan alat yang bernama milk frother ini biasanya sangat cocok untuk pembuat cappuccino plus milk foam yang akan mendapatkan rasa kopi cappuccino yang nikmat dan memiliki cita rasa kopi cappuccino yang sempurna.

Dari alat frothing yang sudah banyak dijual di pasaran hingga berbagai merek yang ditawarkan oleh banyak industri. Secara manual mereka juga menggunakan listrik dengan harga yang berbeda-beda.

Bahan-bahan Pembuatan :

Tahan pertama adalah mempersiapkan dari bahan-bahan yang akan digunakan, mari kita simak baik-baik :

  • Kebutuhan cangkir secukupnya
  • Susu -100 ml
  • Microwave

Cara Membuat Foam Susu Manual :

Tahap kedua adalah langkah-langkah pembuatan, yuk simak berikut ini:

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan-bahan tersebut.
  2. Setelah itu tuangkan susu ke dalam panci atau cangkir.
  3. Tuangkan susu yang sudah anda siapkan ke dalam panci logam atau cangkir tahan microwave.
  4. Setelah itu panaskan susu sampai mendidih.
  5. Jika anda menggunakan microwave, masukkanlah cangkir susu ke dalam microwave dan menggunakan suhu yang tinggi kira-kira 30 detik saja.
  6. Anda juga bisa menggunakan kocokan kawat untuk membuat busa.
  7. Foam susu manual siapkan untuk hidangan.

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat foam susu manual bermanfaat dan menjadi referensi buat anda. Baca juga artikel lainnya di web rumahmesin.com. Selamat mencoba…

Terima kasih:)