Cara Membuat Espresso Dengan Vietnam Drip

Posted on

Bagaimana cara Membuat Espresso Dengan Vietnam Drip? Apakah cara pembuatannya mudah? Apakah Espresso dapat di seduh sendiri?

Halo semuanya selamat pagi, di sini aku akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kalian yang ada di atas, Membuat Espresso Dengan Vietnam Drip? Memang bisa yak? Oh tentu saja ladies, sekarang kita dapat menyajikan berbagai cara untuk minuman kopi ini.

Kita semua juga telah mengetahui bahwa minuman kopi ini telah ada sejak dahulu dan berkembang pesat dari tahun ke tahun dengan munculnya berbagai macam cara menyajikan, menyeduh, serta meraciknya.

Oke untuk kali ini aku bakal berbagi tentang cara Membuat Espresso Dengan Vietnam Drip kepada kalian. Namun sebelum kita berlanjut ke cara Membuat Espresso Dengan Vietnam Drip, Sudahkah kamu tahu mengenai apa itu Vietnam Drip dan apa itu Espresso?

ika kalian belum mengetahuinya aku telah menyiapkan penjelasannya mengenai apa itu Vietnam Drip dan apa itu Espresso. Tahukah kamu bahwa Vietnam Drip dan Espresso juga mempunyai searah loh temen-temen. Yuk di simak penjelasannya di bawah.

 

Apa Itu Espresso?

pengertian espresso

Espresso merupakan cara menyeduh kopi dengan mengunakan tekanan tinggi. “Metode ini dikenalkan di Italia awal abad-20. Biasanya kopi akan
Digiling dengan halus dan dipadatkan, kalau di dunia barista prosesnya disebut tamping,” ujar Setiawan, dia merupakan salah satu barista kopi yang berasal dari Depok.

Sejarah Espresso

Sejarah kopi espresso ini bermula pada saat orang-orang Italia harus mengantre panjang/lama di kedai, yang hanya demi mendapatkan secangkir kopi Espresso.

Istilah espresso pertama kali digunakan pada awal tahun 1900-an. Jika diterjemahkan, espresso diartikan sebagai ‘secangkir kopi yang diseduh secara ekspres hanya untuk Anda

 

Apa Itu Vietnam Drip?

pengertian Vietnam Drip

Vietnam Drip Coffee adalah minuman kopi yang diseduh dengan driper dari Vietnam yang disajikan bersama susu kental manis.

Selain itu, penyajian minuman ini juga muncul/lahir karena menyesuaikan karakter biji Robusta dari hasil perkebunan di negara Vietnam.

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar didunia, Vietnam memiliki cara penyajian yang khas sesuai karakter biji kopi di daerahnya.

Minuman tersebut berupa kopi yang diseduh menggunakan metal driper khas Vietnam lalu dicampur dengan creamer/susu kental manis yang bisa kita sebut juga dengan Vietnam Drip Coffee..

Vietnam Drip adalah metode dan alat seduh yang menghasilkan minuman dengan cara ekstraksi melalui tetesan.

Driper terbentuk dari metal dan terdiri dari tabung, plunger, dan tutup metal. Penggunaannya sangat mudah, setelah bubuk kopi dimasukkan, masukkan plunger lalu pencet/tekan, taruh driper di atas gelas, lalu tuangkan air panas.

 

Sejarah Vietnam Drip

Vietnam adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di Asia Tenggara. Negara Vietnam ini juga mengekspor kopi ke seluruh dunia, karena kopi yang dihasilkan di negaranya terkenal berkualitas baik dan mampu dinikmati penggemar/pecinta kopi di dunia.

Asal muasal kopi masuk ke negara Vietnam ini tak bisa lepas dari peran seorang pastur asal Perancis yang membawa bibit pohon dari kopi Arabika pada tahun 1857.

Tidak lama setelah kedatangan pastur tersebut. Akhirnya Vietnam mulai menanam pohon kopi di daerah dataran tinggi (centre highlands) yaitu di daerah Buon Ma Tuot yang sampai sekarang merupakan wilayah penghasil kopi terbaik di seantero Vietnam.

Vietnamese Coffee dalam Bahasa Vietnam adalah “cà phê sữa nóng” yang berarti brown dark coffee with milk dalam bahasa Indonesia yaitu (kopi hitam coklat dengan susu).

 

Sejarah Mesin Espresso

sejarah mesin esprsso

pada abad ke-19 di mana orang-orang Eropa belum menikmati kopi dari mesin espresso pada saat itu. Padahal pada abad ke-19 itu popularitas kopi sedang berada di puncaknya.

Pada masa itu juga orang-orang memerlukan waktu selama kurang lebih 5 menit untuk menyeduh kopi. Waktu yang cukup lama jika mengingat banyaknya permintaan kopi di kedai-kedai kopi pada masa itu.

Dan saking besarnya keinginan orang-orang menikmati kopi dengan proses yang singkat, muncullah beberapa ahli yang bekerja keras menciptakan sebuah alat yang kiranya akan menyelesaikan permasalahan ini.

Salah satunya Adahan Angelo Moriondo dari Turin Italia yang pada tahun 1884 mematenkan sebuah alat yang dia sebut dengan “new steam machinery for economic and instantaneous confection of coffee beverage”.

 

Cara Membuat Espresso Dengan Vietnam Drip

cara membuat espresso dengan Vietnam Drip

Alat dan Bahan

  • Drip Vietnam
  • Gelas transparan
  • Kopi espresso 10 gram
  • Air 100 ml

Cara Membuat

  1. Siapkan 10 gram kopi espresso (yang telah dihaluskan). Panaskan air di dalam teko dengan suhu (88 derajat celcius).
  2.  Sementara itu air di panaskan, siapkan juga susu kental manis, sebanyak dua sendok makan atau lebih (sesuaikan dengan selera kalian).
  3. Kemudian masukkan susu kental manis ke dalam cangkir transparan.
  4. Selanjutnya, letakkan metal cup di atas cangkir. Lalu masukkan kopi espresso ke wadah dasar metal cup Vietnamese Driper. Pasang filternya.
  5. Kunci dan eratkan metal press. Jika kamu menggunakan Vietnamese Dripper tanpa kunci, masukkan saja metal press-nya, dan press-lah menggunakan press yang ada serta putar skrup di tengahnya.
  6. Selanjutnya, tuangkan air panas sampai batas atas cangkir (kira-kira 45-50 ml).
  7. Kemudian diamkan hingga seluruh kopi menetes. Lalu tambahkan sekitar 20-30 ml air panas lagi sampai cangkir penuh.
  8. Sementara itu, tunggu beberapa saat sampai seluruh kopi menetes pada cangkir. Lalu aduk sampai merata.

 

kamu juga dapat membaca cara membuat kopi arabika yang enak