Cara Membuat Es Krim Dari Pop Ice Tanpa Mixer

Posted on

Hai teman-teman semuanya! Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, aku akan membagikan resep cara membuat es krim dari pop ice tanpa mixer yang dijamin anti gagal. Apakah disini ada yang tahu bagaimana cara membuat es krim dari pop ice yang enak? Makanya simak terus yaaa!

Resep yang akan saya bagikan kali ini, kita akan menggunakan pop ice rasa anggur nih. Nah sebelum ke resepnya yuk simak terlebih dahulu mengenai nutrisi dan juga manfaat yang terkandung pada buah anggur.

Kandungan Nutrisi Anggur

Buah anggur merupakan salah satu buah yang bisa dimakan dengan berbagai macam cara. Mulai dari memakannya secara langsung, jus, agar-agar, minuman beralkohol, dan juga bisa diolah menjadi kismis.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, di dalam 100 gram buah anggur memiliki kandungan gizi, seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, dan juga Vitamin C.

Jika dilihat dari kandungan gizinya, buah anggur termasuk buah yang rendah akan kalori dan bisa anda santap sebagai cemilan untuk menurunkan berat badan. Bentuknya yang kecil dan bulat, menjadikan anggur sangat cocok anda gunakan menjadi hidangan pencuci mulut.

Manfaat anggur bagi kesehatan

cara membuat es krim dari pop ice tanpa mixer

Bukan hanya rasanya yang lezat saja, anggur juga mengandung kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut merupakan penjelasan lengkap seputar manfaat dan khasiat anggur untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker

Pada artikel yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menjelaskan bahwasanya kandungan resveratrol pada buah anggur bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Resveratrol merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa memperlambat pertumbuhan sel tumor dan juga kanker. Terutama yang bertumbuh pada payudara, lambung, hati, dan getah bening.

Bukan hanya itu saja, kandungan resveratrol pada buah anggur baik untuk menghalau radiasi berbahaya seperti ultraviolet A (UVA) dan juga ultraviolet B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi tersebut berisiko bisa menyebabkan penyakit kanker kulit. Namun meskipun dengan demikian, masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan manfaat anggur yang satu ini.

2. Melawan penuaan dini

Selain resveratol, buah anggur juga kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti quercetin dan rutin. Ketiga jenis antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada sel, protein, DNA, dan juga gangguan keseimbangan dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang menyebabkan penuaan dini.

3. Menjaga kesehatan otak

Dari sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Frontiers in Pharmacology yang melakukan penelitian pada 111 lansia selama 12 minggu. Masing-masing dari mereka diberikan 250 mg anggur setiap harinya. Dan dari hasil penelitian tersebut, bisa dijumpai bahwa kemampuan kognitif, bahasa, dan saya ingat lanisa meningkat daripada sebelumnya.

Meningkatnya kesehatan otak ini berkat kandungan resveratrol pada buah anggur yang mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Otak membutuhkan darah sebagai sumber oksigen dan juga zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.

4. Meredakan gejala alergi dan peradangan

Manfaat selanjutnya dari buah anggur yaitu bisa membantu melawan peradangan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan buah anggur memiliki sifat antiradang dan juga antihistamin. Peradangan sendiri adalah respon tubuh kita terhadap suatu bahaya, seperti stres, infeksi bakteri dan virus, serta bahan kimia beracun.

Dan dengan mengonsumsi buah anggur mungkin bisa membantu meringankan gejala peradangan, entah itu dikarenakan penyakit arthitis, radang gusi, radang usus, radang kulit, atau radang pada jantung.

Bukan hanya itu saja, sifat antihistamin pada buah anggur juga bisa membantu untuk menurunakn gejala energi.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Buah anggur yang brwarna merah diketahui memiliki manfaat sebagai cara alami untuk menurukan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Mengutip dari jurnal Food & Function, penelitian yang melibatkan 69 orang dengan kolesterol yang tinggi. Mereka mengonsumsi 500 gram anggur setiap harinya selama 8 minggu.

Hasil dari penelitian tersebut, didapati bahwa kadar kolesterol jahat menurun setelah rutin mengonsumsi buah anggur setiap hari. Keberhasilan penelitian tersebut berkat kandungan resveratol dan juga saponin pada buah anggur.

Kedua zat tersebut mampu menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum di serap ke dalam darah. Dengan demikian, kadar kolesterol pun akan tetap seimbang. Dan dengan memiliki kadar kolesterol yang seimbang, maka anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.

6. Menjaga kesehatan mata

Bukan hanya wortel saja yang memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan mata. Buah anggur memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan karotenoid dengan sidat antioksidan dan penting bagi kesehatan mata.

Kedua antioksidan tersebut bisa membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget serta melindungi sel-sel mata. Mengutip dari American Optometric Association, kandungan lutein dan zeaxanthin bisa membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan juga degenerasi makula pada lansia.

Meski dengan demikian, masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui khasiat dan manfaat anggur karena observasi masih dilakukan pada hewan.

Resep Cara Membuat Es Krim Dari Pop Ice Tanpa Mixer

cara membuat es krim dari pop ice tanpa mixer

Bahan-bahan

  • 2 sachet susu kental manis
  • 3 sachet susu bubuk
  • 10 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml air
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sachet pop ice rasa anggur
  • Pewarna makanan ungu
  • 1 sdm SP

Cara membuat

  1. Pertam-tama campurkan susu kental manis, susu bubuk, gula pasir, garam, dan juga air ke dalam wadah kemudian aduk sampai merata dan masak dengan api kecil atau sedang sampai campuran mendidih. Dan jangan lupa untuk terus diaduk ya teman teman supaya tidak ada yang menggumpal.
  2. Sesaat sebelum adonan mendidih masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan segelas air. Dan aduk adonan kembali sampai mendidih.
  3. Setelah adonan mendidih, tuangkan ke dalam wadah dan tunggu sampai adonan dingin pada sushu ruangan, setelah itu baru dimasukkan ke dala freezer sampai benar benar beku selama kurang lebih 6-8 jam atau juga bisa semalaman.
  4. Jika adonan sudah membeku kemudian keluarkan dai freezer dan keruk adonan dengan menggunakan sendok atau garpu, dan masukkan ke dalam wadah yang lebih besar untuk persiapan di mixer.
  5. Setelah semua adonan di keruk kemudian masukkan pop ice dan juga SP, lalu blender dengan kecepatan tinggi supaya es krim bisa mengembang dengan sempurna dan menghsilkan tekstur yang pas. Blender adonan selama kurang lebih 15-30 menit. (Jika dirasa warna pada adonan masih pucat bisa ditambahkan pewarna makanan).
  6. Dan jika adonan sudah mengembang, lalu masukkan ke dalam wadah atau juga bisa ke dalam cup jika hendak ingin dijual.
  7. Kemudian masukkan kembali ke dalam freezer sampai benar-benar membeku selama kurang lebih 7 jam.
  8. Dan apabila sudah membeku es krim pun siap untuk disantap. Anda juga bisa mengguanakan mesin es krim suapaya lebih hemat waktu.

Bagaimana? Mudah bukan?

Nah itu tadi pembahasan kita kali ini yaitu resep cara membuat es krim dari pop ice tanpa mixer yang tentunya sangat mudah untuk diikuti resepnya. Resep diatas tentunya juga bisa digunakan sebagai ide untuk jualan, dan anda bisa menyesuaikan rasa yang akan digunakan sesuai dengan selera.

Bukan hanya itu saja, diatas juga sudah saya paparkan sedikit informasi mengenai kandungan nutrisi dan juga manfaat buah anggur yang semoga bisa menambah pengetahuan anda seputar buah anggur. Terimakasih sudah membaca artikel ini.