Cara Membuat Es Kopi Susu

Posted on

Bagaimana cara membuat es kopi susu yang enak ini? Seberapa banyak takaran susu kental manisnya? Berapa gram untuk rasa kopi dengan susu yang pas?

Halo semuanya selamat pagi, kali ini aku bakal kasih tahu kalian bagaimana cara membuat kopi hitam campur susu kental manis yang enak.

Jika biasanya kopi hitam hanya di sajikan kopi hitamnya saja/kopi hitam murni, kali ini kita akan membuat es kopi susu kental manis ya temen-temen.

Tentunya semua orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya es kopi susu ini,
kopi yang amat terkenal ini juga ternyata memiliki sejarah yang enggak kalah menarik dari terkenalnya kopi murni ini loh temen-temen.

Oke langsung aja kita lanjut ke cara membuat es kopi susu yuk, namun sebelum kita berlanjut ke cara membuat es kopi susu,

kalian harus tahu dulu apa itu kopi, serta sejarah yang menarik dari es kopi susu ini, kalian juga dapat menggunakan alat pemanas kopi untuk hasil lebih sempurna. Yuk di simak penjelasan yang telah aku paparkan di bawah serta yang telah aku siapkan khusus untuk kalian.

 

Apa Itu Kopi?

Kopi merupakan sebuah minuman yang dihasilkan dari seduhan biji kopi yang telah disangrai serta dihaluskan menjadi bubuk kopi.

Kopi juga merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan yakni lebih dari 50 negara. Dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu jenis Kopi Robusta dan Kopi Arabika.

 

Sejarah Kopi

Sejarah kopi telah dicatat sejak abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi.

Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal.

 

Apa Itu Es Kopi Susu?

kopi susu

Kopi susu merupakan minuman yang terdiri dari campuran kopi dan susu. Biasanya susu yang digunakan untuk kopi susu kekinian adalah susu segar.

Sedangkan kopi yang digunakan bisa bermacam-macam tergantung permintaan dari pelanggan. Namun ada juga yang menggunakan Susu Kental Manis alias Krimer sebagai campuran ke kopi

 

Cara Membuat Kopi Susu

Dingin

cara membuat es kopi susu

Bahan – Bahan :

  • Kopi hitam/kopi lainnya yang sudah dihaluskan/bubuk 10 gram
  • Susu  kental manis 2 SDM atau lebih (sesuaikan dengan selera kalian)
  • Air 100 ml
  • Es batu secukupnya (sesuai selera kalian)

Cara Membuat :

  1. Rebus air dalam dallah/panci hingga mendidih, lalu diamkan selama beberapa menit sampai suhu air sedikit menurun.
  2. Atau kalian juga dapat menggunakan alat pemanas kopi untuk hasil yang lebih berkualitas
  3. Sementara menunggu suhu air sedikit menurun, siapkan gelas dan tuangkan kopi hitam yang telah dihaluskan.
  4. Setelah suhu air menurun sekitar 80-90°C.
  5. Selanjutnya tuangkan air yang ada dalam dallah/panci ke dalam gelas yang berisi kopi Hitam
  6. Kemudian aduk kopi robusta dan air yang telah di campur hingga merata dengan kecepatan mengaduk sedang (supaya menghasilkan rasa kopi yang nikmat dengan kekentalan yang pas)
  7. Ketika sudah selesai, kamu dapat mencampuri kopi dengan bahan-bahan tambahan seperti susu kental manis
  8. Jika kamu ingin mencampuri semuanya, maka dalam gelas kosong lainnya, tuangkanlah susu kental manis, kemudian tuangkan juga kopi hitam dan diikuti dengan susu cair di atasnya.
  9. Tunggulah beberapa saat hingga suhu kopi menurun, setelah suhunya menurun, tuangkanlah es batu (sesuai selera kalian) ke dalam gelas yang telah berisi kopi tersebut,
  10. kamu juga dapat menaruh kopi ke dalam kulkas. akan tetapi metode ini akan cukup memakan waktu yang lumayan lama. Jadi kalian tinggal pilih yang mana saja
  11. Terakhir kamu tinggal menikmati sajian segelas Es kopi susu

 

Selain es kopi susu kalian juga dapat membuat kopi susu panas yang enggak sama sekali kalah rasa dengan es kopi susu, berikut ini

 

Panas

cara membuat es kopi susu (panas)

Bahan – Bahan :

  • Kopi hitam/kopi lainnya yang sudah dihaluskan/bubuk 10 gram
  • Susu  kental manis 2 SDM atau lebih (sesuaikan dengan selera kalian)
  • Air 100 ml

Cara Membuat :

  1. Rebus air dalam dallah/panci hingga mendidih, lalu diamkan selama beberapa menit sampai suhu air sedikit menurun.
  2. Sementara menunggu suhu air sedikit menurun, siapkan gelas dan tuangkan kopi hitam yang telah dihaluskan.
  3. Setelah suhu air menurun sekitar 80-90°C.
  4. Selanjutnya tuangkan air yang ada dalam dallah/panci ke dalam gelas yang berisi kopi Hitam
  5. Kemudian aduk kopi robusta dan air yang telah di campur hingga merata dengan kecepatan mengaduk sedang (supaya menghasilkan rasa kopi yang nikmat dengan kekentalan yang pas)
  6. Ketika sudah selesai, kamu dapat mencampuri kopi dengan bahan-bahan tambahan seperti susu kental manis
  7. Jika kamu ingin mencampuri semuanya, maka dalam gelas kosong lainnya, tuangkanlah susu kental manis, kemudian tuangkan juga kopi hitam dan diikuti dengan susu cair di atasnya.
  8. Terakhir kamu tinggal menikmati sajian segelas kopi susu yang panas

Manfaat Kopi

1.  Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan suatu masalah kesehatan yang banyak diderita orang hampir di setiap penjuru dunia. Kondisi ini ditandai dengan adanya peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistansi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.

Manfaat kopi yang dikonsumsi rutin secara signifikan ini dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi pada tahun 2009 menemukan, bahwasanya orang yang meminum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2, 23-50 persen lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi sama sekali

2. Melindungi Organ Hati

Beberapa penyakit umum seperti penyakit hati yang meliputi hepatitis, penyakit hati berlemak, ataupun penyakit hati yang lain. Banyak hal dari kondisi ini yang dapat menyebabkan sirosis, di mana sebagian besar hati digantikan oleh jaringan parut.

Menariknya, kopi ini dapat melindungi organ hati dari sirosis. Seseorang yang meminum 4 cangkir kopi atau lebih per harinya telah terbukti bahwa mereka memiliki risiko hingga 80 lebih rendah untuk mengalami sirosis hati.

3. Meningkatkan Energi Dan Fungsi Otak

Dalam otak, kandungan kafein pada kopi memblokir adenosin neurotransmitter. Dan apabila ini terjadi, jumlah norepinefrin dan dopamin pun akan meningkat.

Selain itu, rutin meminum kopi juga dapat meningkatkan berbagai aspek fungsi pada otak termasuk memori, suasana hati, bahkan kewaspadaan.