cara membuat es kopi estetik

Posted on

cara membuat es kopi estetik – Ternyata minuman yang menyegarkan juga bisa dibuat dari kopi. Biasanya kopi lebih nikmat jika disajikan panas. Ternyata, saat diolah menjadi minuman dingin, kopi sangat menyegarkan. Berikut ini, kami akan memberikan rekomendasi minuman berbahan dasar kopi dingin yang bisa Anda sajikan untuk orang tekasih.

Kopi Juga Bisa Dinikmati Saat Dingin

Kopi memiliki rasa asam dan pahit serta sangat nikmat bila dinikmati panas. Itu sebabnya kopi terkadang dipilih sebagai pendamping saat cuaca dingin atau hujan. Tapi tahukah Anda kalau kopi juga enak jika disajikan dingin?

Namun, kelemahan dari es kopi adalah memiliki efek kafein yang lebih tinggi daripada kopi panas. Namun kopi dingin memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan kopi panas, karena tingkat pH-nya lebih tinggi yaitu 6,31 dibandingkan kopi panas yang hanya memiliki pH 5,48.

Tips Mencampur Kopi Dingin

Pilih Biji Kopi

Hal terpenting  cara membuat es kopi estetik dalam pencampuran kopi dingin adalah pemilihan biji kopi, karena tidak semua jenis biji kopi bisa dan cocok untuk kopi dingin. Pilih jenis kopi yang jika diseduh dengan air panas mengeluarkan aroma dan rasa yang sangat kuat.

Gunakan Alat yang Tepat

cara membuat es kopi estetik membutuhkan alat yang tepat dan berbeda dengan kopi seduh dengan air panas. Jika Anda menggunakan alat yang tidak tepat, kenikmatan kopi yang Anda seduh akan berkurang.

Salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk membuat kopi dingin adalah teko kopi Haria Mizudashi. Untuk cold dripper bisa menggunakan alat Cold Bruer, Dutch Coffee, dan Hario Water Dripper. Untuk pembuatan kopi manual, dengan mesin roasting kopi  dapat digunakan untuk menghasilkan es kopi yang nikmat dengan aroma yang pas.

Teknik Pembuatan kopi

Kopi panas dan kopi dingin memiliki teknik penyeduhan yang berbeda. Meskipun Anda bisa mencampurkan kopi dingin dengan cara membuat kopi panas terlebih dahulu, baru kemudian didinginkan dengan es batu. Namun cara ini bisa mengurangi rasa kopi karena es batu membuat kopi encer.

Untuk mendapatkan es kopi yang nikmat, Anda bisa menggunakan teknik cold brewing. Teknik penyeduhan ini tidak menggunakan air panas, melainkan merendam biji kopi untuk mendapatkan rasa dan aroma yang nikmat saat dingin.

Dinginkan kopi

Membuat kopi dingin sebenarnya tidak sulit, namun butuh proses yang lama untuk mendapatkan rasa dan aroma yang pas. Ini karena kopi perlu didinginkan untuk mendapatkan ekstrak yang berkualitas.

Setelah air dituang ke dalam saringan yang berisi kopi, hasil proses ini perlu didinginkan selama 18 jam untuk hasil yang sempurna. Tahapan ini tidak boleh dilewatkan, karena proses pendinginan kopi merupakan proses yang sangat penting untuk kopi dingin.

cara membuat es kopi estetik

 

Es Cappuccino Choco Float

Es cappuccino choco float adalah racikan kopi dingin yang modern. Minuman ini juga sangat populer di restoran-restoran dan kafe-kafe terkenal.

Untuk cara membuat es kopi estetik, bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 sdt kopi instan, 1 sdt cokelat bubuk, 1 sdm susu skim bubuk, 1 sdt creamer, 3 sdt gula pasir, es serut secukupnya, dan 1 scoop es krim cokelat.

Untuk langkah-langkah pembuatannya, pertama blender semua bahan kecuali es krim dan haluskan hingga rata. Tuang ke dalam gelas saji dan tambahkan es krim. Es cappuccino choco float sudah siap untuk dihidangkan.

Coffee Ice Cube

Coffee ice cube bukanlah sekadar kopi dingin biasa, karena memiliki rasa yang lebih konsisten daripada es kopi biasa. Untuk membuatnya, bahan-bahan yang diperlukan adalah 1 sachet kopi hitam, air panas, gula, 1 lt susu cair siap minum, dan whipped cream.

cara membuat es kopi estetik  sangatlah sederhana, pertama seduh kopi hitam dengan air panas dan tambahkan gula sesuai selera. Tunggu hingga uap panasnya hilang, kemudian tuang dalam cetakan es batu dan masukkan ke dalam freezer hingga beku. Setelah beku, keluarkan lagi dan tata dalam gelas. Tuangkan susu cair lalu aduk rata, beri whipped cream sebagai topping dan coffee ice cube siap untuk disajikan.