Cara Membuat Desain Grafis di Hp Menggunakan Aplikasi Canva

Posted on

cara membuat desain grafis di hp

Cara membuat desain grafis di hp – Konten visual adalah bagian penting dari representasi dunia maya Anda, baik itu situs web, blog, atau akun media sosial. Dengan porsi elemen grafis yang memadai, audiens akan lebih tertarik dengan konten Anda.

Namun, membuat konten visual bukanlah hal yang cocok untuk siapa pun. Misalnya, desain grafis membutuhkan software yang tidak mudah dipelajari orang awam.

Untungnya, ada alternatif yang bisa digunakan oleh audiens mana pun dengan lebih mudah dan gratis, yaitu Canva. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari tentang berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi web dan langkah-langkah dasar untuk memulainya. Selamat membaca!

Jika Anda menyukai aplikasi CANVA, apakah Anda sudah mencoba desain di ponsel Anda? Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan berbagai template gambar media sosial.

Baik itu gambar untuk diposting ke Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, atau bahkan pembuatan poster, Anda dapat melakukannya kapan saja, di mana saja. Punya ide di jalan? Baik Anda pemakai Android atau iPhone, cukup buka aplikasi dan desain di hp Anda. Berikut cara membuat desain grafis di Hp menggunakan aplikasi Canva

Artikel menarik lainnya Tempat PKL di Jogja TKJ, RPL, DKV & Multimedia

Apakah Aplikasi Canva Itu?

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Tidak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui desktop dan perangkat mobile. Dengan cara ini, Anda bisa berkreasi kapan saja, di mana saja. Aplikasi web ini memiliki dua versi berbayar dan satu gratis. Namun, Anda sudah dapat menikmati berbagai fitur tanpa membeli versi premium.

Seperti yang saya sebutkan, Canva menyediakan berbagai template desain. Anda yang pernah menggunakan Canva di web akan mengetahui hal ini. Materi desain juga hadir dalam aplikasi mobile. Ada banyak pilihan. Baik gambar untuk posting atau sampul media sosial tersedia di sini. Semuanya sesuai dengan ukuran standar mereka.

Template desain yang ada biasanya memiliki tema juga. Ingin membuat banner untuk promosi toko online? Bisa. Ingin kutipan tentang kopi? Ada. Asyiknya lagi desain yang kamu buat akan disimpan. Dengan cara ini, Anda dapat membuat desain di ponsel dan kemudian melanjutkan di laptop, atau sebaliknya.

Baca Juga Yuk Gabung! Tempat PKL di Jogja – SMK TKJ, RPL, DKV & Multimedia

Cara Membuat Desain Grafis di Hp

Seperti yang dijanjikan di awal artikel ini, Anda akan belajar cara menggunakan Canva. Saat Anda siap, ikuti panduan di bawah ini!

1. Buat Akun Canva

Untuk menggunakan Canva, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Metodenya sangat sederhana. Setelah memasuki situs, klik tombol “Daftar” di sudut kiri atau kanan atas layar. Anda dapat mendaftar dengan akun Google, akun Facebook, atau alamat email Anda. Setelah Anda selesai melakukannya, akun Canva Anda siap digunakan.

2.Buat desain khusus Anda

Setelah akun Canva Anda dibuat, Anda akan dibawa ke halaman beranda aplikasi. Untuk membuat desain pertama Anda, klik tombol Desain Baru yang ditunjukkan oleh panah merah pada gambar di atas, lalu pilih jenis konten visual yang ingin Anda buat. Dalam tutorial ini, kita akan membuat banner yang akan digunakan sebagai gambar unggulan untuk posting blog.

3. Memilih gambar latar belakang

Setelah memilih jenis konten yang ingin Anda buat, Anda akan dibawa ke halaman editor Canva. Anda dapat mendesain dengan template, tetapi dalam tutorial ini kita akan memulai dari awal sehingga Anda dapat lebih memahami fungsionalitas berbagai menu editor Canva.

Hal pertama yang kita lakukan adalah memilih latar belakang. Sebenarnya, ada dua menu yang bisa Anda pilih saat ingin menentukan gambar untuk latar belakang desain Anda, yaitu Foto dan Latar Belakang. Tidak masalah menu mana yang Anda pilih. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah pilihan yang mereka berikan.

Di menu “Foto”, Anda dapat menemukan banyak foto dengan gaya berbeda. Tidak semua foto memiliki orientasi yang sama – ada yang horizontal dan ada yang vertikal. Di sisi lain, menu Background menyediakan berbagai gradien warna dan gambar dalam gaya minimalis.

5. Menambahkan teks

Untuk menambahkan teks ke desain Anda, klik menu Teks. Ada dua cara untuk memasukkan teks. Pertama, Anda dapat memilih dari berbagai template yang disediakan oleh Canva. Cara ini lebih praktis karena pengguna hanya perlu memodifikasi teks yang ada di template.

Namun, Anda dapat menambahkan teks secara manual jika Anda tidak tertarik dengan berbagai template yang tersedia. Untuk melakukannya, klik salah satu dari tiga gaya penulisan di bagian atas daftar template. Tidak masalah model mana yang Anda pilih, karena nanti Anda dapat mengubah ukuran, warna, dan gaya teks dengan mengklik teks yang ingin Anda sesuaikan. Selain mengubah teks, Anda juga dapat memindahkan lokasinya. Anda hanya perlu mengklik garis luar kotak teks dan menyeretnya ke kotak yang diinginkan.

6. Unggah atau bagikan proyek Anda.

Jika tidak ada lagi yang perlu ditambahkan, desain Anda sudah siap. Karena Canva memiliki fitur simpan otomatis, pekerjaan Anda secara otomatis disimpan di folder penyimpanan yang disebutkan di atas.

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengunggah desain Anda atau membagikannya di platform lain seperti situs media sosial. Anda bahkan dapat mentransfer proyek Anda ke fasilitas penyimpanan online seperti Google Drive dan Dropbox.

Untuk mengunduhnya, klik tombol Unduh di sudut kanan atas layar. Atau Anda dapat mengklik tombol panah bawah di sebelahnya untuk membuka opsi tambahan.
Dengan mengklik tombol Unduh, Anda dapat memilih format file yang akan digunakan dalam pekerjaan Anda, termasuk PNG, JPG, dan PDF.
Dengan demikian, desain banner blog Anda sudah tersimpan di folder download komputer Anda.

Begitulah cara menggunakan Canva. Mudah, kan? Selain membuat banner blog, Anda bisa menggunakan langkah-langkah di atas untuk membuat berbagai jenis desain grafis lainnya.

Selanjutnya artikel menarik jangan sampai terlewatkan Apakah Minyak Kelapa Murni dan Manfaatnya Bagi Kesehatan