cara-membuat-amplang-ikan-tenggiri

Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri Enak

Posted on

Amplang adalah makanan yang cukup menarik dan enak, serta cocok sajikan saat ada tamu ataupun untuk camilan sehari-hari. Amplang biasanya terbuat dari ikan tenggiri. Tahukah kalian bagaimana cara membuat amplang ikan tenggiri?

Jika belum tahu, simak artikelnya sampai selesai yaa. Oke langsung saja kita mulai artikelnya.

Sebelum beranjak jauh ke cara membuat amplang ikan tenggiri, sekarang kita kenalan dulu sama si ikannya. Siapa sih yang belum tahu sama ikan yang satu ini? Simak penjelasannya ya.

Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri termasuk ke dalam salah satu jenis ikan laut yang cukup populer di Indonesia. Memiliki banyak gizi yang bermanfaat untuk tubuh, menjadikan ikan ini seringkali dicari.

Ikan tenggiri disukai oleh banyak orang. Baik diperdagangkan saat masih ikan segar, ikan kering, atau bahkan ada juga yang diolah menjadi siomai, kerupuk, dan lain-lain.

Bentuk tubuh ikan tenggiri ini menyerupai ikan tuna. Dengan ujung kepala yang agak runcing.

Ikan tenggiri memiliki bentuk tubuh memanjang pipih yang cukup kuat pada sisi-sisinya. Tenggiri tidak memiliki sisik kecuali yang terdapst pada gurat sisinya. Bagian moncong/depan meruncing

Memiliki mulut yang lebar dan juga gigi-gigi yang tajam serta kuat pada rahang atas dan bawah. Panjang moncong ikan tenggiri lebih pendek jika dibandingkan dengan sisa kepala bagian belakang.

Ikan tenggiri adalah ikan yang memiliki sifat rakus saat waktu makan serta terkenal lebih suka untuk menyendiri dibandingkan hidup bergerombol dengan kawanannya. Makanan favorit ikan tenggiri, yaitu ikan-ikan kecil.

Ikan tenggiri termasuk ke dalam golongan hewan karnivora (pemakan daging). Selain itu, ikan tenggiri juga diketahui sangat senang memangsa hewan-hewan kecil lain, misalnya udang dan juga cumi-cumi.

Dikenal sebagai ikan pemburu yang handal dan lihai, tenggiri tidak pernah melepaskan pandangannya dari ikan-ikan kecil yang akan menjadi santapan utamanya. Ikan-ikan kecil seperti selar, ikan kembung, dan como biasanya hidup pada daerah berkarang dan dangkal.

Saat ikan tenggiri mulai beranjak besar, ikan ini tidak hanya tinggal di terumbu karang dangkal sesuai habitat sumber pangannya, tetapi ia juga akan pergi hingga ke tengah lautan untuk memburu ikan jenis lainnya.

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan tenggiri merupakan jenis ikan yang sangat suka wilayah laut dangkal. Yang mana wilayah tersebut adalah bagian-bagian perairan sebagai tempat bertumbuhnya karang dan menjadi habitat paling cocok untuk ikan tenggiri. Selain itu, perairan yang memiliki salinitas rendah serta kekeruhan tinggi juga sangat disukai oleh ikan tenggiri ini.

Bagaimana teman-teman? Sudah kenal kan dengan ikan tenggiri. Setelah kenalan dengan ikan tenggiri, sekarang langsung saja yuk kita beralih ke cara membuat amplang ikan tenggiri yang enak.

Siapkan kertas dan juga pena untuk mencatat resepnya yaa. Simak dengan baik agar tidak ada yang salah ataupun terlewat.

Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri Enak

cara-membuat-amplang-ikan-tenggiri

Resep 1 – Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri

Langsung saja kita buat amplang ikan tenggirinya ya. Sebelum mulai membuat, kita harus siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-Bahan : 

  • 2 butir telur
  • 30 gram gula halus
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2 kaldu jamur bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 200 gram ikan tenggiri (haluskan)
  • 1/4 sdt amoniak, larutkan dengan 80 ml air
  • 400 gram tepung kanji
  • 1/2 sdt kaldu daging bubuk
  • 1/4 sdt baking powder double acting

Saat semua bahannya sudah siap, sekarang kita langsung menuju ke langkah pembuatannya. Cermati baik-baik ya! Jangan sampai ada yang terlewat!

Langkah Pembuatan Amplang Ikan Tenggiri : 

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat amplang.
  2. Kocok telur, gula, garam, kaldu jamur, serta merica hingga berbuih.
  3. Masukkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, aduk hingga benar-benar rata.
  4. Tambahkan larutan amoniak, uleni hingga tercampur dengan rata.
  5. Masukkan tepung tapioka, kaldu daging, dan baking powder.
  6. Aduk rata, kemudian uleni jangan terlalu keras dan lama.
  7. Pulung adonan. Usahakan untuk hasil pulungan besarnya sama. Kalian bisa juga membentuk pulungan panjang kemudian dipotong kecil-kecil sesuai selera masing-masing.
  8. Rendam adonan kerupuk amplang di dalam minyak dingin.
  9. Siapkan wajan di atas kompor.
  10. Nyalakan kompor, untuk awal gunakan api besar. Setelah kerupuk amplang terapung, api mulai dikecilkan.
  11. Goreng hingga kerupuk amplang matang.
  12. Angkat dan tiriskan.
  13. Sajikan sebagai camilan.

Resep 2

Seperti resep pertama, kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya sebelum membuat amplang. Persiapkan dengan baik bahan-bahannya agar rasa amplang ikan tenggirinya bisa enak.

Bahan-Bahan : 

  • 500 gram daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
  • 1-2 kg tepung tapioka
  • 5 butir telur
  • 40 gram garam
  • 100 gram gula halus
  • 21 gram soda kue
  • 27 gram penyedap rasa
  • 400 ml air
  • 4 liter minyak goreng

Langkah Pembuatan : 

  1. Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, air, garam, penyedap rasa, soda kue, dan telur hingga homogen/tercampur dengan rata.
  2. Diamkan selama ± 15 – 20 menit
  3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, aduk lagi hingga kalis dan bisa dipulung.
  4. Adonan siap dibentuk sesuai dengan selera (bisa dengan dibuat memanjang lalu dipotong-potong sekitar 2cm).
  5. Adonan yg sudah dibentuk kemudian direndam dalam minyak dingin ±30 menit.
  6. Amplang ikan tenggiri siap untuk digoreng dalam minyak panas selama ± 40 menit (api kecil) dan jangan berhenti mengaduk-aduk agar matang merata.
  7. Angkat amplang dari wajan, kemudian tiriskan di atas wadah yang sudah dilapisi tisu. Fungsi tisu ini untuk menyerap minyak berlebih dari amplang.
  8. Tunggu hingga benar-benar dingin.
  9. Amplabg siap disajikan ataupun dikemas.

Tips Dalam Amplang Agar Hasilnya Renyah :

Salah satu kunci dari cara buat amplang anti gagal adalah tahu tips dan triknya. Beberapa tips dan trik yang harus kalian ketahui dalam membuat kerupuk amplang adalah sebagai berikut :

  1. Selalu rendam adonan di dalam minyak dingin sebelum digoreng.
  2. Goreng amplang dalam minyak yang banyak.
  3. Adonan jangan dibiarkan terlalu lama terkena udara karena hasilnya akan keras.
  4. Jangan uleni adonan terlalu keras karena bisa menyebabkan bantet.
  5. Selalu aduk amplang dari awal penggorengan hingga akhir.
  6. Saat sudah mendekati matang, ambil sebuah amplang kemudian patahkan. Jika dapat dipatahkan dengan mudah dan tidak lengket/liat berarti sudah matang sempurna.

Mudah bukan cara membuat amplang ikan tenggiri ini? Kalian sudah pilih belum mau coba praktikkan yang resep satu atau resep dua nih.

Mana pun resep yang kalian pilih tetap perhatikan langkahnya dengan benar ya agar tidak ada kesalahan dan amplang bisa enak serta renyah.

Saking asiknya bahas tentang kerupuk amplang, tidak terasa kita sudah sampai nih di akhir artikel. Terima kasih untuk yang sudah membaca sampai akhir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya teman-teman.

Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya. Jangan lupa langsung praktikkan cara membuat amplang ikan tenggirinya yaa!! Semoga berhasil teman-teman.