Cara Fermentasi Pakan Kambing

Posted on

Halo temen-temen, adi di sini aku bakal kasih tahu kalian tentang bagaimana cara fermentasi pakan kambing, pastinya kalian bertanya-tanya bukan? Apakah pakan kambing perlu fermentasi? Bukankah pakan kambing hanya sekedar rumput?

Eits angan salah pakan kambing juga memerlukan fermentasi agar kambing dapat memakan pangannya sekaligus memiliki energi yang cukup untuk aktivitas hariannya.

Bahkan di suatu peternakan, pakan hewannya tidak akan di pakankan pada hewan, ketika pakan hewan tersebut belum di fermentasikan. angan lupa untuk menggunakan mesin chopper rumput untuk bahan dasar pakan kambing kalian ya temen-temen.

Oke langsung aja kita ke cara fermentasi pakan kambing, namun sebelum kita benar-benar beralih ke cara fermentasi pakan kambing, kalian akan di arahkan terlebih dahulu ke sedikit penjelasan mengenai fermentasi, pakan, dan kambing.

Yuk di simak penjelasannya dengan seksama, supaya kalian dapat memahaminya tanpa adanya kesalahpahaman yang disebabkan karena kalian tidak membacanya sampai akhir. Di simak ya temen-temen, karena penjelasan ini telah ku siapkan khusus untuk kalian saja.

 

Apa Itu Fermentasi?

cara fermentasi pakan kambing

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dengan keadaan anaerobik yang menghasilkan perubahan biokimia organik melalui aksi enzim.

 

Apa Itu Pakan?

Pakan merupakan kata lain dari makanan, yakni pakan ini juga merupakan suatu makanan yang amat sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, Karena makanan/pakan adalah rantai utama dalam siklus kehidupan makhluk hidup.

Yakni apabila makhluk hidup tersebut tidak makan selama berbulan-bulan itu dapat berakibat pada kelangsungan hidupnya.

 

Apa Itu Kambing?

Kambing merupakan salah satu sub spesies kambing yang dapat di ternak, dipelihara atau bahkan dapat dijinakkan dari kambing liar Asia Barat Daya dan Eropa Timur.

Kambing juga merupakan anggota dari keluarga Bovidae serta bersaudara dengan biri-biri, hal ini dikarenakan keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae.

 

Apa Itu Fermentasi Pakan Kambing?

cara fermentasi pakan kambing

Menurut penelitian dari pakar pakan menyampaikan bahwa pakan  yang diproses dengan cara fermentasi pakan ternak kambing dengan em4 mempunyai banyak sekali keunggulan. Adapun keunggulannya  yaitu dapat meningkatkan sistem pencernaan ,meningkatkan produktifitas pertumbuhan badan, meningkatkan nafsu makan.

Dari segi pemeliharaan dengan metode fermentasi ini akan membantu stok pakan dalam beberapa waktu ke depan, sehingga kalian tidak perlu lagi disibukkan dengan aktivitas mencari pakan. Pakailah mesin chopper rumput untuk mempermudah proses fermentasi ini.

Selain itu, dengan diberinya pakan fermentasi ini dapat membuat kotoran ternak tidak terlalu berbau, serta daging ternak yang menjadi lebih berlemak dibandingkan dengan hanya diberi pakan hijauan saja.

Berikut ini merupakan cara membuat fermentasi pakan ternak kambing dengan em4 tergolong sangat mudah dan mudah untuk diaplikasikan. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan prebiotik jenis Em4 yang bisa kalian beli di toko pertanian ataupun peternakan;
  2. Siapkan tempat yang besar,  yang digunakan untuk mencampur bahan dan memproses fermentasi;
  3. Bahan-bahan pakan hijauan yang dapat  difermentasi adalah  jerami, gedebog pisang, rumput hijauan;
  4. Cacah atau potong semua bahan hijauan menjadi ukuran yang lebih kecil, agar cepat dan ukurannya seragam yang bisa menggunakan mesin pencacah;
  5. Larutkan setetes tebu atau air gula dan probiotik em4 (sesuai dengan ukuran) dengan air menjadi 1 serta takaran yang sudah disebutkan di atas tadi.
  6. Siapkan terpal untuk mengaduk semua bahannya, kemudian larutkan cairan prebiotik tersebut, agar lebih mudah campurlah semuanya di atas terpal;
  7. Masukkan semua bahan ke dalam wadah sedikit demi sedikit lalu injak injaklah hingga bahannya menjadi padat;
  8. Tutup rapat semua bahan dengan plastik agar proses fermentasi lebih sempurna;
  9. Pakan fermentasi ini bisa kalian buka  Setelah 2 minggu dan siap diberikan kepada kambing ternak.

Seiring berjalannya waktu saat ini sudah mulai banyak bermunculan metode dan cara membuat pakan kambing alternative. Kalian juga dapat menggunakan mesin chopper untuk memaut liar yang tumbuh di sekitar tanaman lain

Salah satu metode pembuatan pakan kambing  terbaru  adalah pakan ternak instan di mana semua bahan pakan sudah tercampur rata dari satu yang lebih dikenal dengan pakan komplit atau  complete feed.

Complete feed  merupakan metode pembuatan pakan ternak alternatif terbaru, Inovasi dari pakan komplit ini adalah mencampur semua bahan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan ternak. Kandungan dari pakan ini antara lain, karbohidrat, protein, serat, mineral vitamin yang dibutuhkan untuk penggemukan ternak.