Cara Buat Gula Aren Cair

Posted on

Hai selamat sore semuanya, jadi di sore hari ini aku bakal kasih tahu kalian bagaimana sih cara buat gula aren cair itu?

Tentunya semua orang mengetahui tentang gula aren ini, yups betul sekali gula aren/merah/gula Jawa ini berasal dari daerah Jawa dan di produksi asli oleh orang Jawa.

Aku ingin berbagi cara buat gula aren ini supaya kalian tahu ya teman-teman, tidak hanya tinggal makan saja,

Kalian harus tahu bagaimana cara membuat gula aren ini, dan jika kalian berminat membuatnya kalian dapat menggunakan mesin gula semut ini.

Gula aren cair ini juga banyak digunakan dalam berbagai macam sajian minuman seperti pada es cendol dawet, kopi, dan minuman lainnya.

Namun sebenarnya gula ini berbentuk padat, karena banyak aneka makanan/minuman yang mengharuskannya untuk memproduksi gula aren cair,

Jadi gula aren ini pun di produksi dalam bentuk cair, yuk langsung aja kita ke cara buat gula aren cair ini.

Namun sebelum kalian akan benar-benar berlanjut ke cara buat gula aren cair ini kalian harus mengetahui terlebih dahulu sedikit mengenai gula aren serta sejarahnya.

Yuk di simak penjelasannya di bawah dengan seksama ya temen-temen, supaya kalian tidak salah paham dengan apa yang kalian baca hanya separuh.

 

Apa Itu Gula Aren?

Cara Buat Gula Aren Cair

Gula aren atau Gula merah adalah pemanis yang terbuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren ini biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang sama sama terbuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

 

Sejarah Gula Aren

 

 

Cara Buat Gula Aren

Cara Buat Gula Aren Cair

Bahan – Bahan :

  • Gula aren 400 gr
  • Air 400 ml

 

Cara Membuat :

  1. Siapkan 400 gr gula aren dan 400 ml air bahan.
  2. Serutlah gula aren terlebih dahulu atau kalian juga boleh langsung mencampurnya. Campur gula aren dan air. Rebuslah hingga gula aren terlarut. Matikan dan tunggulah hingga dingin.
  3. Tuang gula aren cair yang sudah dingin k dalam botol atau wadah tertutup. Kalian dapat menggunakannya kapan saja.

 

Manfaat

1. Meningkatkan Daya Ingat

Tidak hanya lansia, tetapi remaja dan orang dewasa juga sering kali lupa akan sesuatu atau sering disebut pikun. Gula aren dapat membantu meningkatkan daya ingat kamu loh. Kamu dapat mengonsumsi campuran gula aren dan susu hangat sebelum tidur. Hal ini akan membantu meningkatkan daya ingat kamu dan membuatmu lebih rileks.

 

2. Mengatasi sakit tenggorokan

Cuaca yang berubah-ubah tentunya dapat mengganggu kesehatan, salah satunya adalah sakit tenggorokan. Tetapi tenang saja, Ruppers! Gula aren dapat membantu kamu meredakan sakit tenggorokan.

Kamu hanya perlu mencampurkan gula aren dan lada hitam ke dalam secangkir air hangat dan aduk hingga merata. Minumlah pada malam hari secara rutin sampai tenggorokanmu pulih.

 

3. Sumber energi tambahan

Manfaat gula aren satu ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Dari anak muda hingga orang dewasa saat ini seringkali mengonsumsi minuman dengan gula aren yang dapat membuat mereka bahagia dan lebih semangat.

Gula aren juga merupakan sumber karbohidrat sama halnya dengan gula putih. Dengan mengonsumsi gula aren, tubuhmu akan menjadi lebih bersemangat untuk bergerak.

 

4. Melancarkan pencernaan

Serat inulin ternyata terkandung di dalam gula aren loh. Serat ini dapat membantu memperlancar pencernaanmu dan mengendalikan bakteri pada usus. Kamu dapat menambahkan gula aren pada teh herbal.

 

5. Meningkatkan imun tubuh

Manfaat gula aren berikutnya adalah mampu meningkatkan imun dan stamina tubuh sehingga badan kamu akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

 

6. Menangkal radikal bebas

Antioksidan yang ada dalam gula aren mampu menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh loh. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker. Jadi, cobalah mengonsumsi gula aren dalam batasan yang sesuai untuk membantumu terhindar dari berbagai penyakit ya, Ruppers.

 

7. Menjaga kesehatan tulang

Di dalam gula aren juga terkandung mineral yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yaitu mangan. Mineral mangan ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

 

8. Menjaga sistem saraf

Gula aren mengandung kalium yang cukup tinggi dan sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengatur aktivitas sistem saraf-nya, seperti mengatur detak jantung dan juga kontraksi otot.

 

9. Menyembuhkan infeksi saluran kemih

Kandungan antiinflamasi pada gula aren dapat membantu meredakan infeksi saluran kemih, gangguan ginjal, rematik, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Kamu hanya perlu menambahkan gula aren ke secangkir susu hangat dan meminumnya.

 

10. Membantu pertumbuhan sel

Di dalam gula aren terkandung asam amino yang berperan untuk membentuk protein, pertumbuhan, dan juga pembentukan sel dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh pun akan terasa lebih segar dan juga awet muda.

 

11. Mengatasi anemia

Gula aren mengandung zat besi yang tinggi dan juga berbagai vitamin B yang diperlukan tubuh. Bagi penderita anemia, gula aren dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan meregenerasi aliran darah dalam tubuh.

 

12. Menjadi antiseptik

Gula aren bersifat antiradang dan antimikroba sehingga dapat menjadi antiseptik untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi. Selain itu, gula aren juga dapat menyembuhkan sariawan pada bibir atau gusi dan menyegarkan napas.

 

13. Menghangatkan tubuh dan meredakan demam

Cuaca sedang dingin ? Cobalah mencampurkan gula aren ke dalam minuman hangat kamu agar tubuhmu dapat lebih hangat. Gula aren juga biasanya menjadi bahan utama pembuatan wedang jahe dan minuman hangat lainnya. Selain itu, gula aren juga dapat meredakan demam dan menetralkan suhu tubuh.

 

14. Menurunkan berat badan

Gula aren lebih rendah kalori daripada gula putih. Kamu dapat mengganti penggunaan gula putih menjadi gula aren untuk membantumu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Tetapi kamu tetap harus memperhatikan batasan konsumsinya ya, Ruppers. 

 

15.Mengatasi kram menstruasi

Gula aren juga mengandung lebih banyak kalium dan zat besi daripada gula putih. Nutrisi inilah yang dapat mengatasi rasa nyeri atau kram saat haid. Selain itu, gula aren juga dapat membantu melancarkan haid kamu loh.