cara buat bubur sumsum tanpa santan

Cara Buat Bubur Sumsum Tanpa Santan

Posted on

Halo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada anda cara buat bubur sumsum tanpa santan yang enak yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan utama yaitu cara buat bubur sumsum tanpa santan yang enak, saya ingin sedikit membahas tentang dasar serta hal-hal yang masih berhubungan dengan bubur sumsum ini sob.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lanjutkan ke pembahasannya saja langsung.

Bubur Sumsum

cara buat bubur sumsum tanpa santan

Bubur sumsum adalah bubur khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras bebas gluten dan biasanya disajikan dengan gula merah dan santan. Bubur ini disukai tidak hanya oleh anak-anak, tetapi juga oleh remaja dan orang tua.

Ada sejarah panjang bubur sumsum di balik rasanya yang enak dan gurih yang harus Anda ketahui. Bubur sumsum tidak hanya berharga sebagai penyedap rasa, tetapi juga ada sejarahnya lho.

Membuat bubur dari sumsum pada awalnya merupakan strategi untuk mengatasi keinginan makan

Selama ratusan tahun, Indonesia adalah negara berpenduduk padat, sehingga sulit bagi nenek moyang kita untuk menemukan beras sebagai makanan pokok.

Tanah tidak digunakan untuk kepentingan rakyat. Di tengah pembantaian, orang-orang mulai mencari cara untuk melarikan diri dari kelaparan. Salah satunya adalah dengan memotong beberapa liter beras dengan kadar air yang tinggi. Jadi, itu adalah ilusi tentang asal mula bubur pada waktu itu.

Ini berisi sumsum tulang yang terbuat dari ketan. Bubur jelas merupakan salah satu pilihan terbaik untuk porsi makanan yang lebih besar.

Asal usul disebut sumsum dalam bubur sumsum

Karena bubur lebih kecil dari nasi, maka bubur hanya terbatas di Indonesia, sehingga sulit untuk menemukan sejarah bubur yang mengandung campuran daging hewan. Lantas mengapa bubur ketan ini disebut “bubur sumsum”? Makanan penutup ini disebut bubur sumsum karena putihnya seperti sumsum tulang.

Biji salak sahabat setia dalam mendukung bubur sumsum

Bubur bayam memang enak, meski hanya disajikan dengan gula merah dan santan. Namun, bubur sumsum sering dicampur dengan biji salak, yang membentuk lingkaran kecil berwarna merah muda-cokelat yang terbuat dari simpul kembang gula. Bubur sumsum dan biji salaka ini paling banyak ditemukan saat bulan Ramadhan, seperti saat puasa.

Bubur sumsum hijau dengan tambahan daun pandan atau daun juri

Selain seputih sumsum tulang, ada juga bubur sumsum yang memberikan warna hijau yang menyenangkan bagi mata kita. Warna hijau ini karena perpaduan warna alami dari daun suji dan daun pandan, dan tentunya aroma bubur sumsum ini lebih nikmat. Kamu suka putih atau hijau?

Filosofinya terdiri dari sumsum dan keberadaannya sebagai salah satu makanan ritual tradisional

Bubur sumsum digunakan tidak hanya sebagai camilan untuk mengisi perut, tetapi juga sebagai hidangan terutama dalam adat tradisional masyarakat Jawa. Ritual tradisional semacam itu, seperti “pitulunganu,” melibatkan meminta lebih banyak Tuhan untuk memenuhi keinginan manusia.

Bubur sumsum juga dipercaya dapat menyegarkan rasa penat setelah selesainya prosesi ritual adat. Selain itu, ada banyak filosofi bubur sumsum. Salah satunya adalah bubur sumsum, simbol kesederhanaan dan rasa syukur. Sejarah bubur dengan makanan terbatas membuat kita menghargai hal-hal sederhana yang memiliki banyak manfaat.

Cara Buat Bubur Sumsum Tanpa Santan

cara buat bubur sumsum tanpa santan

Setelah sebelumnya tadi saya membahas bersama kalian seputaran yang berkaitan dengan bubur sumsum sudah saatnya saya akan membahas cara buat bubur sumsum tanpa santan yang bisa kalian buat juga dirumah kalian masing-masing.

Langsung saja tanpa perlu kata beserta basa-basi semacamnya kita masuk ke pembahasan dari cara buat bubur sumsum tanpa santan.

Bahan-bahan :

Bahan bubur :

  1. 2 gelas sedang tepung beras
  2. 2 gelas sedang air
  3. 250 ml susu cair (bebas merk apapun)
  4. Garam secukupnya
  5. Daun pandan (1 lembar)

Bahan Kuah :

  1. Gula merah secukupnya
  2. Daun pandan (1 lembar)
  3. Air secukupnya

Langkah pembuatan :

  1. Pertama untuk buburnya kalian bisa memasukan air ke dalam panci serta tunggu sampai setengah mendidih.
  2. Setelah mendidih kalian bisa, mematikan api masukan sejumput garam, susu cair, daun pandan beserta dengan tepung beras, aduk sampai tidak bergerindil.
  3. Setelah tepung selesai di aduk serta tidak bergerindil kalian lanjutkan dengan nyalakan api, aduk lagi sampai adonan tidak lengket pake kekuatan biasa saja aja jangan terlalu cepat serta juga jangan lambat karena kalau lambat bisa bisa bagian bawhnya gosong.
  4. Jika sekiranya adonan kalian sudah tidak lengket matikan api, bubur nya selesai dan tinggal membuat kuahnya saja.
  5. Untuk kuahnya kalian bisa memasukkan gula merah daun pandan serta air, tunggu sampai gula larut beserta mendidih, matikan api, selesai masukan bubur dalam mangkuk serta kuahnya tadi dan bubur sumsum siap untuk disajikan serta disantap.

Itulah tadi artikel kali ini yang membahas cara buat bubur sumsum tanpa santan yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari ataupun tertarik dengan informasi yang terkait dengan hal pembahasan kali ini.

Sampai jumpa lagi semuanya di artikel pembahasan yang lainnya ya , see you guys and bye bye all !.