cara bikin kerupuk dari nasi sisa

Olah Nasi Sisa Kemarin Jadi Kerupuk Yuk!

Posted on

Halo teman teman! Seperti yang ada pada judul, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara bikin kerupuk dari nasi sisa yang pastinya enak dan juga gurih.

Biasanya kalau ada nasi yang sisa anda apakan? Jangan langsung di buang ya, anda bisa mengolahnya lagi loh salah satunya menjadi kerupuk ini. Eits tapi tidak sembarang nasi sisa yang bisa digunakan ya! Nasi yang masih bisa di gunakan itu yang belum berbau dan juga belum berubah warnanya.

Kerupuk sendiri di Indonesia sangat di gemari dan di sukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Salah satunya yaitu kerupuk nasi atau bisa juga disebut dengan kerupuk gendar, nah karena alasan tersebut membuat kerupuk salah satunya kerupuk nasi ini memiliki peluang usaha yang bagus dan juga menjanjikan.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca artikel cara membuat gendar, artikel tersebut menjelaskan analisis dari usaha kerupuk gendar atau kerupuk nasi ini.

Untuk anda yang tertarik dengan bisnis ini tetapi mempunyai modal yang sedikit jangan khawatir, anda tetap bisa kok memulai usaha ini. Anda bisa menggunakan peralatan masak yang ada di dapur rumah anda, anda hanya perlu membeli satu mesin untuk pembungkusannya yaitu mesin hand sealer.

Apa itu hand sealer? Hand sealer merupakan alat perekat plastik yang berguna untuk merekatkan plastik bungkus kerupuk supaya tidak ada udara yang masuk yang bisa menyebabkan kerupuk tidak bertahan lama.

Dimana bisa mendaoatkan mesin tersebut? Anda bisa mendapatkannya di website rumahmesin.com, website tersebut menyediakan berbagai macam jenis mesin yang berkualitas dengan harga yang wajar.

Nah kembali lagi pada cara bikin kerupuk dari nasi sisa, alangkah baiknya jika sebelum anda mengetahui cara bikin kerupuk ini, ketahui dulu bagaimana cara untuk memilih beras yang berkualitas bagus. Cuss simak pembahasannya.

Cara Memilih Beras yang Berkualitas Tinggi

Jangan mudah tergiur harga miring

Terkadang anda sering melihat bahwa pedagang beras akan menjajakan beras dagangannya dengan berbagai harga pada setiap berasnya tergantung dengan kualitas masing-masing beras. Jangan untuk mudah tergiur dengan harga miring yang ditawarkan oleh para penjual tersebut. Apalagi jika harga yang ditawarkan oleh sang penjual sudah tidak masuk akal lagi karena ditakutkan terdapat kandungan zat kimia yang bahaya bagi kesehatan didalamnya ataupun kualitas dari beras tersebut yang sudah buruk bahkan tidak layak untuk di konsumsi.

Cobalah meremas beras

Selanjutnya yaitu salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memeriksa kualitas dari beras yakni dengan cara meremas beras tersebut dalam kepalan telapak tangananda, lalu lihatlah hasilnya pada beras. Jika beras yang anda remas tersebut menempel pada telapak tangan anda, maka kemungkinan besar terdapat zat pelicin yang tercampur di dalam beras tadi. Oleh karena itu, pastikan lagi anda untuk memilih kualitas beras yang baik dan juga sehat.

Cium aroma dari beras

Hal utama yang bisa anda lihat adalah aroma yang dihasilkan oleh beras tersebut. Pastikan saat anda mencium beras terdapat aroma khas beras yang wangi, bukan aroma yang apek maupun aroma khas dari zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Namun, ada juga aroma beras yang wangi dan hal tersebut ditakutkan aroma ini berasal dari pewarna atau pewangi buatan yang dicampurkan ke dalam beras. Jadi, anda wajib untuk lebih berhati-hati lagi untuk memilih beras.

Cobalah mengigit beras

Anda dapat untuk memilih beras dengan kualitas yang baik dengan cara yaitu menggigit bulir dari beras tersebut. Jika beras saat digigit, beras tersebut terasa keras dan juga kuat, maka itu artinya kemungkinan besar beras tersebut mempunyai kualitas yang baik. Sementara, jiks saat beras digigit lalu beras terasa rapuh dan juga mudah untuk hancur, maka perlu diperhatikan lagi karena bisa jadi ada oknum yang tidak bertanggung jawab telah mencampurkan air kedalam beras sehingga massa dari beras itu pun bertambah. Beras yang memiliki jenis seperti itu biasanya akan sulit untuk bertahan lama.

Belilah beras di toko yang telah terpecaya

Sebaik-baiknya kualitas dari beras, maka akan lebih baik lagi jika anda membeli beras yang akan anda konsumsi di toko yang sudah anda percaya. Tentunya hal tersebut karena anda akan merasa yakin dengan kualitas yang ditawarkan oleh sang penjual dan juga bisa terhindar dari berbagai macam kecurangan oknum penjual beras yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan anda dan kesehatan keluarga.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara memilih beras dengankualitas yang tinggi, sekarang yuk simak cara bikin kerupuk dari nasi sisa.

Cara Bikin Kerupuk Dari Nasi Sisa

cara bikin kerupuk dari nasi sisa

Bahan Bahan Bikin Kerupuk Nasi:

  • 1 mangkuk nasi putih (rendam kurang lebih selama 2 jam, lalu tiriskan)
  • 1 mangkuk tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • garam secukupnya
  • air secukupnya

Cara Pembuatan Kerupuk:

  1. Haluskanlah nasi putih yang tadi sudah di rendam dengan menggunakan blender sampai berubah menjadi halus. Tambahkanlah sedikit air jika proses blender terasa berat dan juga lama, tetapi jangan kebanyakan.
  2. Setelah nasi sudah halus, masukkan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan juga garam secukupnya. Blender kembali nasi dan juga bumbu sampai tercampur rata semua.
  3. Pindahkan adonan yang sudah memiliki teksturĀ  halus dan juga tercampur rata ke dalam sebuah wadah anda juga bisa menggunakan baskom. Masukkanlah tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan berubah menjadi kalis.
  4. Olesi tangan anda dengan menggunakan tepung supaya tidak lengket saat terkena adonan. Bentuk adonan nasi menjadi silinder seperti bentuk lontong atau sesuaikan dengan selera anda.
  5. Didihkan air di dalam panci, lalu masukan dan rebus adonan kerupuk hingga mengambang di permukaan air. Setelah lontongan adonan mengambang kurang lebih selama lima menit, angkat lalu tiriskan.
  6. Simpan adonan nasi tersebut di dalam lemari es selama semalaman supaya memadat dan juga mengeras. Setelah itu, anda bisa memotong adonan tipis-tipis dan jemur irisan kerupuk di bawah sinar matahari langsung hingga benar-benar kering.
  7. Selanjutnya kerupuk nasi dapat anda goreng sampai mengembang dan renyah. Anda bisa menyimpan kerupuk nasi di dalam wadah yang tertutup rapat seperti toples.

Gimana, gampang dan simpel banget kan teman teman cara bikin kerupuk nasinya. Semoga bisa membantu dan dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih.