Cara Agar Sayuran Tetap Segar Tanpa Kulkas

Posted on

Saat Anda membeli sayuran untuk dimasak, Anda pasti ingin sayuran tersebut awet. Pada artikel ini, Anda akan belajar cara agar sayuran tetap segar tanpa kulkas tanpa kulkas, yang mudah dan bisa Anda lakukan.

Saat menyimpan sayuran ini, tugas Anda adalah menjaga kadar air tanaman atau sayuran agar tidak cepat layu. Ini adalah bagaimana Anda mengawetkan sayuran segar yang bisa Anda gunakan.

cara agar sayuran tetap segar tanpa kulkas

Cara menjaga sayuran tetap segar tanpa kulkas

Cara Agar Sayuran Tetap Segar Tanpa Kulkas

Kami kebanyakan menggunakan menyimpan sayuran dan buah-buahan di lemari es untuk menjaga sayuran tetap segar, tahan lama dan tahan lama. Biasanya sayuran dan buah-buahan ini kita cuci terlebih dahulu, kemudian ditaruh rapi sesuai jenis sayurannya dan kemudian dimasukkan ke dalam lemari es untuk disimpan.

Namun, menyimpan sayur dan buah di lemari es bukan satu-satunya cara agar sayur dan buah tetap segar dan tahan lama. Bahkan ada beberapa buah dan sayuran yang tidak perlu didinginkan agar tetap segar. Padahal, jika sayuran dan buah-buahan disimpan di luar lemari es, akan lebih tahan lama.

Lalu bagaimana ya, bagaimana cara menyimpan sayur segar? Sayuran dan buah apa yang tidak perlu disimpan di lemari es?

Kentang, bawang, dan tomat

Kami sering menyimpan kentang, bawang, dan tomat di lemari es dan mengira mereka akan bertahan lama. Tujuan penyimpanan adalah agar makanan tersebut tahan lama dan tetap segar saat dimasak nanti. Namun, kentang, bawang, dan tomat lebih baik jika tidak disimpan di lemari es. Hal ini karena suhu dan udara dingin di dalam lemari es akan merusak kesegarannya. Akan lebih baik jika Anda menyimpan tomat, kentang, dan bawang bombay di tempat yang kering dan sejuk, tetapi tidak harus di lemari es.

Buah dan sayuran mentah

Buah-buahan dan sayuran mentah seperti pir, aprikot, pisang dan melon lebih baik jika Anda menyimpannya pada suhu kamar. Anda juga dapat menyimpannya di atas meja atau di lemari penyimpanan, tetapi tidak di lemari es. Kemudian, jika buah dan sayuran ini sudah matang, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari es agar kesegarannya lebih tahan lama.

Buah sitrus

Buah-buahan dalam kelompok buah jeruk termasuk dalam keluarga jeruk, lemon dan lainnya lebih baik diawetkan di luar lemari es. Buah ini sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik agar tidak lembab sehingga Anda bisa bernapas. Selain itu, buah ini juga harus disimpan di tempat yang gelap. Yang jauh atau tidak dapat diakses dari sinar matahari langsung.

Dan Juga Tips Cara Agar Sayuran Tetap Segar Tanpa Kulkas Umum Lainnya

1. Simpan sayuran di tempat yang kering
Padahal, suhu lembab dapat mempercepat penyebaran jamur pada sayuran. Untuk menghindarinya, Anda bisa membungkus sayuran dengan kertas tebal atau kain untuk mengurangi kelembapan pada sayuran.

2. Hindari mencuci buah dan sayuran kecuali Anda ingin memakannya
Mencuci buah atau sayuran dapat menghilangkan perlindungan alami yang biasanya terdapat pada permukaan buah atau sayuran. Jadi Anda harus mencuci buah dan sayuran jika ingin makan atau memasak.

3. Rendam buah yang dipotong dalam air garam
Buah yang sering kita potong berubah warna, bentuk dan rasanya jika tidak segera dimakan. Bagaimana jika kita ingin makan buah yang dipotong nanti? Anda dapat memperbaikinya dengan merendam buah yang dipotong dalam air garam agar tetap segar. Jika Anda tidak menyukai cara ini, Anda juga bisa merendam buah yang sudah dipotong dalam larutan air lemon atau air madu.

Sekian dari kami semoga bisa menjadi manfaat dan cek juga web kami dan jika ada salah mohon maaf