Cocomesh Sabut Kelapa

Berikut Ini Beberapa Penjelasan Cocomesh Sabut Kelapa

Posted on

Hallo sahabat… Kali ini saya akan menjelaskan tentang cocomesh sabut kelapa. Simaklah penjelasan mengenai cocomesh sabut kelapa.

Pengertian Cocomesh

Cocomesh atau Coconut Coir Net adalah bahan berbentuk jaring yang terbuat dari sabut kelapa. Material ini ramah lingkungan untuk membantu proses reklamasi tambang, pantai, atau hutan. Cocomesh ini bersifat biodegradeble yang mampu memfasilitasi pertumbuhan tanaman baru.

Penggunaan bahan Cocomesh ini terbukti mampu mereklamasi lahan bekas tambang dan hutan gundul. Banyak perusahaan konsultan penghijauan mulai menjalankan bahan-bahan alami seperti Cocomesh. Bahan-bahan pembuatan cocomesh atau serabut kelapa dapat menyimpan air dalam waktu yang lama menyebabkan permukaan tanah yang tertutup bahan ini dapat menahan kelembapan.

Hal ini dapat mempengaruhi struktur tanah sehingga mudah ditanami benih yang ditanam. Selain itu, cocomesh juga digunakan sebagai pengganti tanah saat menanam benih tanaman ini.

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Manfaat dan Keuntungan :

  • Tahan lama, dapat bertahan sekitar 5 tahun atau lebih, sehingga bahan dapat tumbuh selama pertumbuhan vegetasi baru.
  • Cocomesh sangat cocok untuk tanah miring atau lunak, dilihat dari sifat elastis bahan ini. Contoh yang sudah diambil adalah di kawasan bekas tambang Freeport.
  • Murni 100% Bio-Degradable dan ramah lingkungan.
  • Anti atau tahan terhadap jamur dan busuk.
  • Dapat memberikan sesuatu insulasi yang baik untuk suhu dan udara
  • Tidak mudah terbakar.

Keunggulan Cocomesh atau jaring sabut kelapa dibandingkan dengan geotekstil yang terbuat dari bahannya. Sintetis meliputi:

  • Bahannya adalah serat alami
  • Bahan serat yang kuat, tahan lama tetapi biodegradable
  • Mampu menahan air dan sebagainya.

Proses Pembuatan Cocomesh

Cocomesh Sabut Kelapa

Bahan dan Alat :

  • Sabut yang sudah agak tua
  • Pengurai Sabut Kelapa
  • Mesin bermain paduan suara

Proses pembuatan :

  1. Siapkan kelapa yang cukup tua.
  2. Hancurkan kelapa menjadi sabut menggunakan mesin pengurai sabut.
  3. Keringkan sabut kelapa yang sudah digiling sampai kering.
  4. Ubah paduan suara menjadi tambang dengan mesin putar sabut.
  5. Tambang dirajut menjadi jaring (cocomesh).
  6. Kelapa jaring/kelapa siap pakai.

Peluang Bisnis Cocomesh

Cocomesh Sabut Kelapa

Pertanyaan tentang peluang pasar produk turunan kelapa masih terbuka. Tidak hanya pasar lokal, tetapi juga luar negeri. Hal ini tidak terlepas dari keunggulan produk yang dihasilkan. Selain itu, peluang terbesar tentunya ada pada produk jadi.

Memang untuk menghasilkan produk kelapa membutuhkan teknologi yang murah. Namun harga yang mahal akan terbayar karena produknya terjamin di pasaran.

Teknologi paduan suara kelapa, awalnya digunakan dalam pembuatan kursi mobil Mercedes. Karena bahan sabut kelapa alami, tidak berbau, maka memiliki daya serap air yang tinggi, dapat menyerap bau di permukaan, tidak jamur, tidak berubah bentuk dan tahan lama.

Cocomesh sangat diperlukan karena umumnya diaplikasikan di lereng, tebing, taman, saluran air dan juga di garis pantai untuk melindungi garis pantai dari ancaman abrasi air laut. Hal ini membuat sabut kelapa digunakan dalam industri mebel untuk membuat kasur, sofa dan permadani.

Selain sabun VCO dan VCO, tentunya membuat kasur, sofa dan permadani mungkin yang terbaik. Yusri yang awalnya hanya memiliki 10 karyawan, meyakini bisnis tersebut akan membuka banyak lapangan pekerjaan. Meskipun hanya mencakup tenaga kerja biasa, itu masih bagus.

Dalam mengembangkan usahanya dengan membidik berbagai peluang pasar, tentunya Yusri juga masih menghadapi berbagai rintangan dan kendala. Ya bisnis, pasti ada pasang surutnya.

Seperti kali ini. Kendala yang dihadapi pengusaha antara lain jatuhnya harga sabut kelapa akibat krisis global. Namun secara umum, bisnis turunan kelapa masih sangat menjanjikan. Meskipun harga dapat dipengaruhi oleh pasar global.

Baca juga : Cara Membuat Keripik Singkong Renyah yang Enak dan Praktis

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat tentang cocomesh sabut kelapa bermanfaat dan menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)