prosedur pendaftaran merek

Alasan Pentingnya Mendaftarkan Merek Barang atau Jasa

Posted on

Sebuah merek menjadi hal yang penting bagi pengusaha yang baru saja mengeluarkan produk dalam bentuk barang atau jasa. Hal ini dikarenakan Anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dari merek yang sudah didaftarkan. Oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai alasan pentingnya mendaftarkan merek. 

Identitas Produk

Alasan pentingnya mendaftarkan merek yang pertama adalah sebagai bentuk identitas dari sebuah produk. Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 mengenai Merek dan Indikasi Geografis, merek bisa dikatakan sebagai tanda yang bisa ditampilkan dalam bentuk grafis seperti logo, gambar, kata, nama, angka, huruf, susunan warna, dalam bentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, hologram, suara atau kombinasi dari kedua atau lebih unsur tersebut yang berguna untuk membedakan barang atau jasa yang dibuat orang lain atau badan hukum.

Sehingga bisa dikatakan bahwa merek bisa menjadi pembeda atau identitas dari sebuah barang atau jasa yang membedakan dengan produk lainnya di pasaran. 

Adanya Hak Eksklusif Merek

Setelah dilakukan pendaftaran merek, maka merek tersebut akan dilindungi oleh UU Merek dan Indikasi Geografis yang mana pemilik merek tersebut bisa menggunakan mereknya sendiri atau juga bisa memberikan izin pada pihak lain untuk digunakan. 

Hak Pengajuan Pembatalan Merek

Dengan melakukan prosedur pendaftaran merek yang sesuai dan merek tersebut sudah terdaftar, pemilik merek bisa mendapatkan hak untuk mengajukan gugatan pembatalan pada merek yang terdaftar lainnya yang mana memiliki persamaan pada keseluruhan atau pokoknya dengan mereknya pada Pengadilan Niaga. 

Melindungi Pembajakan

Alasan pentingnya mendaftarkan merek selanjutnya adalah untuk membantu melindungi merek dari pembajakan atas merek lain. Anda sebagai pemilik merek berhak untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga terkait orang lain yang menyalahgunakan merek Anda tanpa izin sesuai dengan aturan yang berlaku. Mengenai penyelesaian sengketa tersebut bisa dilakukan melalui persidangan atau tanpa persidangan seperti mediasi. 

Adanya Perlindungan

Alasan pentingnya mendaftarkan merek yang terakhir adalah berhubungan dengan perlindungan yang mana merek yang sudah didaftarkan akan dilindungi. Hak eksklusif atau perlindungan tersebut baru bisa didapatkan ketika merek sudah berhasil didaftarkan dengan jangka waktu 10 tahun sejak diterima dan juga bisa diperpanjang.