Apakah Minyak Kelapa Murni dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted on

minyak kelapa murni dan manfaatnya

Minyak kelapa murni dan manfaatnya – Virgin coconut oil (VCO) atau yang biasa dikenal dengan minyak kelapa murni dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak kelapa murni ini kaya akan asam lemak jenuh.

Mungkin Anda masih awam dengan yang namanya VCO. VCO adalah singkatan dari virgin coconut oil, tetapi lebih akrab disebut minyak kelapa murni. Ternyata minyak kelapa memiliki segudang khasiat yang baik. Yuk, simak berbagai manfaat VCO untuk kesehatan.

Banyak orang yang percaya bahwa VCO atau virgin coconut oil memiliki segudang manfaat. Minyak kelapa murni juga dipercaya dapat meningkatkan pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan menurunkan berat badan. Selain itu minyak VCO juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti jantung, kanker, atau diabetes.

Singkatnya, banyak orang yang meyakini bahwa khasiat buah tanaman yang banyak ditanam di tanah Indonesia sangat beragam. Kandungan minyak kelapa, dalam beberapa literatur, dikatakan mengandung sekitar 90 persen asam lemak jenuh dan sekitar 10 persen asam lemak tak jenuh.

Baca Juga : Simak Tips dan Cara Membuat Minyak Kelapa Dara

Pembuatan Minyak Kelapa Murni VCO

Minyak kelapa murni adalah minyak yang dihasilkan dari daging kelapa tua yang segar. Dalam proses pembuatan minyak kelapa pun menggunakan cara yang alami, tidak dengan memanaskannya pada suhu yang sangat tinggi, apalagi mencampurkan bahan kimia.

Secara tradisional dalam pembuatan VCO adalah kelapa yang sudah tua dan diambil santannya dengan cara diperas. Santan ini kemudian difermentasikan, pencampuran enzim tertentu, atau menggunakan mesin khusus sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air dan minyak bening yang dikenal dengan minyak VCO.

Berbeda dengan cara lebih modern, pembuatan minyak VCO dibuat dengan cara mengeringkan kelapa tua segar dengan mesin khusus. Kelapa kering tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mesin press untuk mengeluarkan minyak dari buah kelapa tersebut, warna minyak yang dihasilkan berwarna bening.

Minyak Kelapa Murni dan Manfaatnya

Minyak kelapa murni (VCO) baru-baru ini disebut sebagai makanan super karena berbagai manfaat kesehatannya yang positif. Apalagi saat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan meningkat selama pandemi ini, permintaan VCO pun meroket. Mari simak penjelasn singkat dibawah ini.

Baca Juga :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pertama minyak kelapa terletak pada kandungan asam lemaknya yang menyehatkan. Minyak kelapa tinggi lemak jenuh tertentu. Lemak ini memiliki efek yang berbeda pada tubuh dibandingkan kebanyakan lemak makanan lainnya.

Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh Anda untuk membakar lemak, dan memberikan energi untuk tubuh dan otak Anda. Disisi lain juga meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah Anda, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan asam laurat atau monolaurin yang terdapat pada minyak kelapa murni berguna untuk melawan bakteri, mengurangi jamur, dan virus. Anda bisa mengkonsumsi minyak ini 3 kali sehari saat sedang sakit untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari harian kompas.com, VCO juga masuk dalam daftar 14 komponen herbal yang dianggap sebagai imunomodulator atau penambah daya tahan tubuh pada penderita Covid-19, dikonsumsi bersama dengan ekstrak daun jambu biji, jamu, dan minyak atsiri daun kayu putih.

3. Mempunyai Kandungan Antioksidan yang Baik

Polifenol yang terkandung dalam VCO berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah aterosklerosis pada pembuluh darah.

Aterosklerosis adalah pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak di dinding pembuluh darah. Penumpukan ini membuat anda berisiko terkena penyakit jantung.

4. Memaksimalkan Program Diet Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang diet, sebaiknya coba minyak kelapa murni ini. VCO memiliki manfaat untuk menekan nafsu makan karena dapat membuat kita kenyang dalam waktu yang lama. Manfaat keempat dari minyak kelapa adalah dapat mengurangi rasa lapar.

Salah satu kelebihan yang menarik dari kandungan MCT adalah bisa mengurangi rasa lapar. Ini mungkin terkait dengan cara tubuh memetabolisme lemak, karena keton bisa menurunkan nafsu makan seseorang. Selain itu, VCO dapat membakar lebih banyak kalori untuk meningkatkan produksi energi.

5. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Gigi

Manfaat lain dari VCO adalah dapat melembabkan kulit. VCO juga memiliki efek antibakteri dan dapat digunakan untuk penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Efek antibakteri ini juga dapat mencegah penyebaran Staphylococcus pada penyakit ini.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kelembapan pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim. Minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari kerusakan rambut.

Menggunakan obat kumur minyak kelapa juga dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya di mulut Anda. Meski diperlukan lebih banyak penelitian, hal itu diyakini dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut.

Segala manfaat dari minyak VCO memanglah banyak beserta efek sampingnya. Meski begitu minyak VCO digunakan hanya sebagai obat herbal tidak disarankan untuk pengobatan jangka panjang. Anda perlu berkonsultasi kepada pakar kesehatan atau dokter bilamana ingin mengkonsumsi dalam jangka panjang.

Jika anda mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya segera hubungi petugas kesehatan atau dokter terdekat.

Artikel lain yang mungkin anda sukai Simak Begini Cara Penjernihan Air Sederhana